Studi Sebut Makan Hot Dog Bikin Umur Lebih Pendek 36 Menit

Siapa nih yang makanan favoritnya hot dog..?

Makan hot dog bisa membuat umur lebih pendek 36 menit (UNSPLASH)
Wed, 22 Feb 2023


Hot dog merupakan salah satu makan asal Amerika dan Jerman yang sering ditemukan di Tanah Air serta jadi favorit menu untuk masyarakat. Namun, siapa sangka kalau makanan ini bisa membuat umur jadi lebih pendek!

Sebuah studi oleh peneliti dari University of Michigan mendapati konsumsi makanan hot dog bisa memperpendek hidup usia sehat selama 36 menit.

Penelitian yang diterbitkan dalam School of Public Health University of Michigan, mengevaluasi lebih dari 5.800 makanan dan mengurutkannya berdasarkan beban penyakit gizi bagi manusia dan dampaknya kepada lingkungan.

Mereka menemukan, minuman manis, hot dog, burger, dan sandwich dikaitkan sebagai penyebab sebagian besar menit hidup sehat yang hilang, sedangkan buah-buahan, sayuran non-tepung dan campuran, sereal siap saji, dan biji-bijian yang dimasak menambah usia hidup sehat.

Makan hot dog bisa membuat umur lebih pendek 36 menit (UNSPLASH)

Peneliti menyebut hot dog daging sapi mengakibatkan hilangnya usia hidup sehat karena kandungan natrium dan asam lemak trans yang berbahaya.

"Sebagian besar karena efek merugikan dari daging olahan," tulis penulis penelitian.

Walau hot dog masuk dalam kategori makanan yang membuat umur jadi lebih pendek, tapi bukan berarti seseorang yang habis makan hot dog akan langsung meninggal, ya Kawula Muda. Hasil penelitian ini berfungsi sebagai ilustrasi untuk menunjukkan bagaimana makanan dapat mempengaruhi kesehatan dan umur seseorang.

Para peneliti menyebut 10 persen asupan kalori dari daging olahan ke buah-buahan, kacang-kacangan, seafood dan sayuran bisa memberi umur lebih panjang 48 menit. Kalau disantap setiap hari, maka orang dengan pola makan sehat bisa berpotensi punya umur lebih panjang dan sehat.

Peneliti membuat bagian berdasarkan dampak nutrisi dan lingkungan, atau pemanasan global jangka pendek. Makanan sehat yang ramah lingkungan termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan beberapa makanan laut.

Sedangkan, makanan dengan nilai gizi dan produksi yang buruk adalah daging sapi, daging olahan, daging babi dan domba, makanan berbasis keju dan hidangan salmon tertentu.

Sebenarnya, boleh-boleh saja makan hot dog, namun harus tetap diperhatikan agar tidak terlalu sering mengonsumsinya dan menyeimbangi dengan makanan sehat, Kawula Muda.

Berita Lainnya