Tak Kunjung Menikah, Pria 38 Tahun Dibawa Ibunya ke Rumah Sakit Jiwa

Menurut lo berapa sih usia ideal untuk menikah?

Ilustrasi pernikahan (UNSPLASH/JEONGIM KWON)
Thu, 23 Feb 2023


Seorang pria asal Provinsi Henan, China, mengaku terus menerus dibawa sang ibu ke psikiater. Hal itu dikarenakan ia belum menikah hingga walau telah berusia 38 tahun, Kawula Muda!

Mengutip India Times, sang pria yang tidak disebutkan namanya tersebut bercerita tidak pernah membawa pacar saat perayaan Tahun Baru Imlek. Karena itu, ibunya mempertanyakan apakah ada yang salah dari sang anak hingga tidak kunjung mendapat pasangan. 

Dipercaya memiliki ‘sesuatu yang salah di kepala sang anak’, ibunya pun membawa pria tersebut ke psikiater setiap Tahun Baru Imlek. Hinga pada 4 Februari 2023 lalu, ia dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Henan.

Tekanan untuk memiliki pasangan dan menikah rupanya masih tinggi di wilayah tempat tinggal pria bermarga Wang tersebut. Bahkan, di kampungnya, pria tersebut sampai dikenal sebagai ‘pria lajang super tua’. 

Stigma Pernikahan Konservatif

Ilustrasi pernikahan (UNPLASH)

 

Kehidupan perkawinan dan pernikahan menjadi hal yang penting bagi banyak orang, terutama di beberapa negara Asia dengan budaya yang kental terkait hal tersebut. Bagi sebagian orang, menikah merupakan hal yang wajib dan menjadi tujuan hidup. Namun, ada juga orang yang tak kunjung menikah meski usianya sudah dianggap matang.

Menurut psikiater yang menangani pria tersebut, kondisi seperti ini bukanlah hal yang jarang terjadi. Ia juga telah memberi tahu secara jelas kepada sang ibu bahwa putranya tidak sakit. 

Masalah ini sering terjadi pada sebagian besar laki-laki yang hidup di masyarakat dengan pandangan konservatif terkait pernikahan. Mereka merasa terbebani dengan ekspektasi dari keluarga, teman-teman, dan masyarakat sekitarnya.

Lebih lanjut, sang dokter malah menyarankan agar ibunya menjadi pihak yang diperiksa. Menurut dokter, ibu dari pria tersebut berpotensi mengalami gangguan mental ‘forcing son to marry’ karena memiliki obsesi untuk menikahkan anaknya. 

Keadaan dan stigma masyarakat tersebut pun diakui oleh Wang membebaninya. Di sisi lainnya, ia juga merasa sedih karena sang ibu hanya terfokus pada pernikahan saja. 

“Saya bukannya tidak mau menikah. Tetapi, saya hanya sangat sibuk dan belum bertemu dengan orang yang tepat,” tutur Wang seperti dikutip dari India Times, Kamis (23/02/2023). 

Berapa Usia Ideal Pernikahan?

Ilustrasi pernikahan (UNSPLASH/ISHAN SEEFROMTHESKY)

 

Sebelumnya, terapis Pernikahan dan Keluarga di Birmingham Maple Clinic, Amerika Serikat, Carrie Krawiec, mengenalkan Teori Goldilocks sebagai teori usia ideal menikah. 

Menurut teori tersebut, usia ideal untuk menikah adalah 28-32 tahun baik bagi perempuan, maupun laki-laki. Usia tersebut pun didapat dari hasil penelitian maupun survei sebelumnya. 

Dikutip dari Slice, standar usia menikah ini memiliki kemungkinan perceraian yang paling kecil dalam lima tahun pertama. Hal itu dikarenakan pada usia tersebut, seorang manusia tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Walau begitu, jangan terpaku pada hasil penelitian tersebut, ya Kawula Muda! Keputusan untuk menikah memang merupakan sesuatu yang besar. 

Oleh karena itu, menikah seharusnya dilakukan atas dasar kesadaran pribadi dan bukan atas tekanan dari orang lain. Banyak hal yang harus dipersiapkan saat ingin menikah. Mulai dari kesiapan fisik, mental, hingga finansial.

Berita Lainnya