Tips dan Aturan Mudik Bawa Hewan Peliharaan, Apakah Berbahaya?

Lo mudik bawa binatang peliharaan enggak?

Penjelasan membawa hewan peliharaan saat mudik Lebaran pakai kendaraan pribadi dan umum (CAT EXPLORER)
Mon, 17 Apr 2023

Mungkin beberapa orang tidak bisa meninggalkan hewan peliharaan saat mudik Lebaran. Mereka merasa sedih ketika harus meninggalkan hewan peliharaan kesayangannya.

Selain mempersiapkan pakaian, obat-obatan, dan lain halnya untuk perjalanan mudik Lebaran, kita juga harus memastikan kondisi hewan peliharaan untuk memenuhi kriteria perjalanan.

Sebenarnya, membawa hewan peliharaan saat mudik Lebaran sebenarnya tidak akan menjadi bahaya, Kawula Muda, hanya saja, kalian perlu menyiapkannya dengan baik.

Mulai dari mengemas peralatan yang tepat, memeriksa kebijakan dan kondisi hotel atau tempat yang dituju, dan yang paling penting adalah memastikan kondisi hewan peliharaan yang memenuhi kriteria perjalanan.

Dilansir berbagai sumber, Senin (17/04/2023), berikut adalah tips membawa hewan peliharaan saat mudik Lebaran.

Tips Membawa Hewan Peliharaan saat Mudik Lebaran

Penjelasan membawa hewan peliharaan saat mudik Lebaran pakai kendaraan pribadi dan umum (ISTOCK)

1. Letakkan hewan peliharaan berada di kandang selama perjalanan

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan membawa hewan saat mudik harus nyaman selama di perjalanan.

Jika membawa kendaraan sendiri, letakkan hewan peliharaan di kandang karena itu bisa membuatnya lebih nyaman. Biarkanlah hewan berada di dalam kandang daripada membawanya tanpa tali di kursi mobil.

2. Jangan mengisi kandang dengan mainan

Berbeda dengan di rumah, jika kandang biasanya terisi dengan banyak mainan, saat di mobil jauhkan mainan dengan hewan. Bermain di perjalanan bisa membuat mereka stres.

Selain itu, hewan juga tidak leluasa untuk bergerak di dalam kandang selama perjalanan mudik.

3. Siapkan semua dokumen hewan

Tips membawa hewan peliharaan saat mudik selanjutnya adalah jangan lupa untuk membawa semua dokumen hewan, seperti surat perjalanan lengkap (surat vaksinasi lengkap). Apalagi jika pergi dengan transportasi umum seperti pesawat, kereta api, dan bus.

4. Jaga hewan tetap terhidrasi
Hewan peliharaan dengan mudah mendapatkan dehidrasi saat bepergian. Letakkan mangkuk minum hewan peliharaan di dalam kandang. Akan lebih baik jika kalian menepi sejenak untuk memberi makan anjing atau kucing minum.

5. Selalu ajak bermain

Buatlah hewan peliharaan kalian sibuk selama mungkin saat di perjalanan. Jika Kawula Muda membawa anjing atau kucing, berikanlah mainan teka-teki, misalnya saat dia sibuk meraih camilan di dalam mainan, ini membuat ia melupakan stres saat bepergian ke tempat baru.

Aturan Membawa Hewan Peliharaan di Transportasi Umum

Penjelasan membawa hewan peliharaan saat mudik Lebaran pakai kendaraan pribadi dan umum (ISTOCK)

 

Berbeda dengan pemudik yang membawa mobil saat mudik Lebaran dengan hewan peliharaan, kali ini adalah tips saat membawa hewan peliharaan dengan menggunakan kereta api, yang dikutip dari laman KAI.

1. Perhatikan waktu pengiriman hewan peliharaan

Untuk periode Lebaran 2023, sehubungan angkutan barang KALOG Express akan libur pada tanggal 19-25 April 2023 maka batas pengiriman tanggal 15 April 2023.

2. Apa saja syaratnya?

Ada sejumlah syarat yang wajib dipahami dan diketahui oleh calon pengguna layanan pengangkutan hewan peliharaan dari KAI Logistik, yakni sebagai berikut:

- Pastikan hewan peliharaan yang akan dikirim berada dalam kondisi yang sehat.

- Hewan peliharaan harus ditaruh di dalam kandang yang kuat, dan ukurannya sesuai dengan jenis hewan yang akan dikirim.

- Pemilik wajib menyediakan makanan dan minuman hewan peliharaan di dalam kandang.

- Bisa menyertakan surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan bahwa hewan peliharaan dalam kondisi sehat.

3. Berapa tarif yang diperlukan?

Untuk ini, lo perlu menginformasikan terlebih dulu kota keberangkatan dan kota tujuan pengiriman. Sebagai referensi, untuk pengiriman dari Jakarta ke Yogyakarta, estimasi biaya pengiriman hewan peliharaan terhitung dari 1 sampai dengan 10 kilogram (kg) pertama, yakni Rp 100.000. Lalu, untuk 1 kg berikutnya tarif menyesuaikan kota tujuan pengiriman.

Pastikan pelanggan telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Hewan atau paket yang akan dikirim telah di-packing dengan baik dan aman.

Untuk informasi lebih lanjut, lo dapat mengontak KAI Logistik melalui akun Instagram @kalogistics, nomor WhatsApp +62813-8822-3205, atau email cs@kalogistics.co.id.

Selamat mudik membawa hewan peliharaan, Kawula Muda!

Berita Lainnya