7 Negara Mirip Indonesia yang Punya Tradisi Mudik Lebaran

Semuanya balik kampong nih!

Ilustrasi satu keluarga yang sedang akan berangkat mudik (ISTOCK)
Wed, 12 Apr 2023


Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah salah satu momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setiap negara memiliki tradisi dan kebiasaan unik dalam merayakan Lebaran, termasuk Mudik

Di Indonesia, istilah tersebut merujuk pada perjalanan kembali ke kampung halaman untuk merayakan bersama keluarga dan kerabat, Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara di dunia juga memiliki tradisi mudik Lebaran yang serupa. 

Berikut adalah 7 negara yang memiliki tradisi mudik Lebaran yang serupa dengan Indonesia, Kawula Muda! 

Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini memiliki tradisi mudik Lebaran yang sangat mirip. Banyak penduduk Malaysia yang bekerja di kota-kota besar seperti Kuala Lumpur, dan mereka akan kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. 

Tradisi mudik Lebaran di Malaysia dikenal sebagai "balik kampung" dan menjadi fenomena yang sangat terkenal di negara ini, yakni jalan-jalan menjadi ramai dan kendaraan penuh dengan orang yang mudik.

Turki

Ilustrasi Turki (UNSPLASH/MEG JERRARD)

 

Di Turki, tradisi mudik Lebaran dikenal sebagai "Bayram" yang berarti perjalanan Lebaran. Selama perayaan Idul Fitri, banyak penduduk kota di Turki yang pulang ke desa atau kota kelahiran mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga dan kerabat. 

Tradisi mudik Lebaran di Turki juga diiringi dengan ucapan “Bayraminiz Kutlu Olsun”, “Mutlu Bayramlar”, atau “Bayraminiz Mubarek Olsun” yang berarti selamat merayakan Hari Raya Bayram.

Bangladesh

Bangladesh (UNSPLASH/SALMAN PREEOM)

 

Bangladesh juga memiliki tradisi mudik Lebaran yang serupa dengan Indonesia. Banyak penduduk kota di Bangladesh yang bekerja di kota-kota besar seperti Dhaka, dan mereka akan pulang ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. 

Tradisi mudik Lebaran di Bangladesh juga berlangsung dengan ramai loh, Kawula Muda! 

Pakistan

Bendera negara Pakistan (UNSPLASH/HAMID ROSHAAN)

 

Tradisi mudik Lebaran juga sangat kuat di Pakistan. Banyak penduduk Pakistan yang bekerja di kota-kota besar seperti Karachi, dan mereka akan kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. 

Selama tradisi ini, transportasi umum dan jalan-jalan di Pakistan juga penuh dengan penduduk yang mudik.

India

Ilustrasi negara India (UNSPLASH/SYLWIA BARTYZEL) 

Di India, tradisi mudik Lebaran juga sangat umum terutama di wilayah-wilayah dengan mayoritas Muslim seperti Uttar Pradesh, Bihar, dan Benggala Barat. Banyak penduduk India yang bekerja di kota-kota besar seperti Mumbai dan Delhi, dan mereka akan pulang ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. 

Di sisi lain, India juga mengenal tradisi Diwali atau ‘Festival of Lights’. Walau tidak dilakukan di masa Lebaran, biasanya para masyarakat India melakukan mudik alias pulang ke kampung halaman. Pada masa ini, mudik pun dilakukan dengan heboh sehingga seluruh transportasi umum akan penuh dan kemacetan memenuhi jalanan. 

Arab Saudi

Ilustrasi negara Arab Saudi (UNSPLASH/SULTHAN AULIYA)

 

Di Arab Saudi, negara yang merupakan pusat agama Islam, tradisi mudik Lebaran juga sangat populer. Banyak masyarakat Arab Saudi yang memanfaatkan momen Lebaran untuk bertemu dengan keluarga dan teman-teman mereka di kampung. 

Selain itu, anggota keluarga di negara ini juga akan mendekorasi rumah seindah mungkin sesuai dengan suasana Lebaran, Kawula Muda! 

Mesir

Ilustrasi negara Mesir (UNSPLASH/KEVIN ET LAURIANN)

 

Di Mesir, tradisi mudik Lebaran juga cukup dikenal. Banyak warga Mesir yang melakukan perjalanan pulang kampung untuk merayakan Lebaran bersama keluarga mereka. Selain itu, di Mesir juga terdapat tradisi ziarah ke Makam Imam Syafi’i yang sangat dihormati dan menjadi teladan umat Islam. 

Itulah negara-negara yang juga memiliki tradisi mudik ke kampung halaman saat hari raya, Kawula Muda. Lo mudik ke mana?

Berita Lainnya