Undercut, Gaya Rambut Pria yang Membuat Kamu Tampil Keren dan Menonjol!

Sudah pernah coba potongan under cut?

Ilustrasi gaya rambut undercut yang digunakan oleh banyak selebriti dunia (GOAL, FIMELA, APE GENTLEMAN, KPOP KOREAN HAIR AND STYLE)
Sun, 29 Jan 2023

Model potongan rambut pria pendek yang bisa lo coba adalah undercut. Potongan rambut undercut sudah ada sejak tahun 1910 dan terus populer sampai sekarang, loh.

Seiring dengan perkembangan zaman, potongan rambut undercut ini hadir dalam berbagai macam variasi. Para selebriti dunia seperti David Beckham dan Johnny Depp juga pernah tampil dengan percaya diri menggunakan gaya rambut undercut ini, Kawula Muda.

Model rambut pria ini dapat membuat tampilan rambut menjadi lebih rapi, unik, dan juga manly, loh. Kepala akan terasa lebih ringan karena pada bagian samping, bawah, dan juga belakang kepala akan ditipiskan. Nantinya, hanya rambut bagian atas saja yang disisakan. Tidak hanya itu, gaya rambut yang satu ini juga cocok untuk berbagai macam bentuk wajah pria.

Menarik, bukan? Simak beberapa model potongan undercut di bawah ini!

1. Classic Undercut

Classic undercut (DMARGE)

Gaya klasik yang satu ini mampu menonjolkan ciri khas dari undercut yang sesungguhnya, yaitu penipisan potongan di sisi kepala. Untuk bagian atasnya, potongan pendek atau medium, lurus atau bergelombang, semuanya akan tetap terlihat cocok dan tinggal disesuaikan dengan keinginan lo saja!

2. Faux Hawk Undercut

Faux Hawk Hairstyle (CAMP)

Potongan faux hawk undercut sempat populer di kalangan pria dewasa maupun anak-anak, loh. Bagaimana tidak? Untuk lo yang mengaku fans sepak bola, tentu sudah tidak asing lagi dengan model rambut yang satu ini.

Gaya rambut yang dipopulerkan oleh Neymar Jr. dan Cristiano Ronaldo ini akan membuat lo terlihat tidak membosankan. Ditambah lagi, gaya undercut yang satu ini akan membuat bagian atas rambut terlihat lebih tinggi. 

Kelebihan gaya rambut ini yakni sangat mudah untuk ditata dengan menggunakan pomade. Caranya, ratakan pomade di telapak tangan dan langsung sisirkan ke rambut dengan menggunakan tangan untuk mengangkat bagian atas rambut. Voila, rambut lo akan membentuk faux hawk secara sempurna.

3. Disconnected Undercut

Ilustrasi disconnected undercut (GQ)

Jika lo ingin tampil lebih berani dan beda dari biasanya, maka disconnected undercut bisa menjadi pilihannya. Gaya potongan rambut pendek pria yang satu ini memang terlihat cukup nyentrik dengan bagian atas rambut yang penuh dengan rambut dan bagian samping yang benar-benar polos tanpa adanya fading sama sekali. Gaya rambut ini, nih yang digunakan oleh David Beckham dan Brad Pitt.

4. Comb Over

Ilustrasi rambut comb over (CAPITAL FM)

Comb over menjadi salah satu gaya undercut yang paling populer di Indonesia. Comb over merupakan sebuah cara styling rambut pria dengan disisir ke arah samping atas dan tidak memerlukan skill khusus. 

Gayanya sendiri mirip dengan side-parted atau belah pinggir. Untuk perbedaannya, comb over terlihat lebih casual serta tidak begitu memperlihatkan pada perbedaan panjang rambut yang terlihat kontras. Pasti sering lihat gaya rambut pria yang satu ini, kan?

5. Hidden Undercut

Hidden Undercut (ALL THINGS HAIR)

Tidak hanya pria, hidden undercut juga sempat populer di kalangan wanita, loh. Gaya rambut jenis ini yang biasanya menutupi bagian undercut di sisi belakang kepala dengan rambut yang lebih panjang. Jadi, undercut akan terlihat apabila kamu mengikat rambut atau. Gaya potongan peek a boo ini boleh dicoba untuk lo yang ingin terlihat berbeda.

6. Quiff Undercut

Ilustrasi quiff undercut yang digunakan Zayn Malik (VIVA)

Gaya rambut yang satu ini memang sudah banyak digunakan oleh para pria. Tapi, lo bisa tampil lebih edgy dengan titik fokus clean cut di bagian samping dan juga belakang dengan jambul dan quiff yang bervolume di bagian atas. 

Untuk menatanya, lo hanya memerlukan produk styling seperti pomade yang mempunyai finish matte dan tidak berminyak.

7. Two Block Undercut

Two Block Undercut (Facebook)

Awalnya, gaya rambut two block undercut dipopulerkan oleh idol K-Pop, Kawula Muda. Dengan gaya ini penampilan lo akan terlihat maskulin. Menariknya lagi, lo dapat mengubah tatanan rambut dengan sesuka hati, seperti tampilan ala heartthrob atau jika ingin tampilan yang lebih rapi, lo hanya perlu menyisir rambut ke atas dan tata dengan wax ataupun moving rubber.

Kawula Muda, kira-kira gaya rambut undercut mana yang cocok buat lo?

Berita Lainnya