Warna Baju yang Cocok Dipakai saat Cuaca Panas, Hindari Hitam!

Salah satu yang harus diperhatikan saat cuaca panas, nih!

Menurut penelitian, ini warna baju yang cocok digunakan saat cuaca atau suhu panas (SHUTTERSTOCK)
Tue, 09 May 2023

Di cuaca yang sangat panas saat ini, memilih pakaian menjadi salah satu hal yang krusial. Sebab, jika lo salah memilih baju, bisa-bisa lo merasakan panas dua kali lipat yang menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Kebanyakan orang menganggap jika warna hitam tidak direkomendasikan untuk digunakan saat cuaca panas karena akan menyerap panas. Lantas, warna baju apa yang cocok digunakan saat cuaca panas?

Warna Baju Saat Cuaca atau Suhu Panas Menurut Penelitian

Apa warna baju yang cocok digunakan saat cuaca panas? (SHUTTERSTOCK)

Penelitian yang dilakukan American Chemical Society mengungkapkan jika baju berwarna biru dan merah adalah warna yang paling baik untuk memberikan perlindungan dari sinar UV, Kawula Muda.

Lebih lanjut, warna baju gelap, seperti hitam, biru tua, dan merah tua akan menyerap lebih banyak radiasi UV dibanding warna pastel, seperti putih, biru langit, atau hijau muda.

Tidak hanya itu, Peneliti Senior di Institut Nasional Jepang, Toshiaki Ichinose mengungkapkan jika objek memantulkan energi radiasi matahari pada tingkat yang berbeda tergantung pada warna, melansir Kompas.

Hasil penelitian menunjukkan, ada beberapa warna baju yang dapat memberikan rasa nyaman dan sejuk saat cuaca panas, seperti putih, kuning, abu-abu, merah, ungu, biru, hijau, dan hijau tua sesuai urutan.

Pasalnya, perbedaan suhu yang dirasakan tubuh saat mengenakan warna tertentu sangat berbeda drastis, loh. Sebut saja saat seseorang mengenakan kemeja putih, suhu yang dirasakan bisa mencapai 30 derajat Celsius. Sedangkan, kemeja hijau tua dan hitam bisa mencapai 50 derajat Celsius!

“Jika kita tidak suka kemeja putih karena mudah kotor, kami merekomendasikan untuk mengenakan kemeja kuning, abu-abu, dan merah yang memiliki reflektansi relatif tinggi,” kata Ichinose.

Melansir Hello Sehat, semakin gelap suatu warna, semakin banyak pula cahaya dan panas yang mampu diserap, Kawula Muda.

Untuk itu, perhatikan warna baju lo saat cuaca panas, ya! Sebab, menggunakan warna baju yang tepat bisa mengurangi paparan sinar UV yang meningkatkan risiko kanker kulit.

Berita Lainnya