10 Istilah di Konser Musik, Apa Arti CAT, FOH hingga Restricted View?

Pastikan lo tahu istilah-istilah di bawah ini, Kawula Muda!

Apa itu CAT dan istilah lain dalam konser yang harus lo ketahui (UNSPLASH)
Sun, 04 Jun 2023

Konser musik rupanya memiliki banyak istilah di dalamnya. Sebut saja CAT dan lainnya.

Seiring ramainya festival dan konser musik di Indonesia tahun ini, lo harus mengetahui apa saja istilah dalam konser musik.

Selain CAT, ada juga istilah dan singkatan lain dalam event konser yang biasa digunakan. Simak penjelasannya di bawah ini ya, Kawula Muda.

Apa itu CAT dan istilah lain dalam konser yang harus lo ketahui (UNSPLASH)

1. CAT

Layout dan harga tiket konser Coldplay di Jakarta (PK ENTERTAINMENT)

Istilah CAT dalam konser adalah akronim dari ‘Category’ dalam bahasa Inggris atau ‘kategori’ dalam bahasa Indonesia.

CAT adalah kategori tiket yang disediakan oleh pihak penyelenggara dan menentukan tiket yang akan lo beli, Kawula Muda.

Nantinya, sebelum hari penjualan, pihak penyelenggara akan membagikan beberapa CAT dalam konser beserta harga yang berbeda.

CAT atau Category ini yang akan menentukan posisi di mana lo akan berada saat konser, Kawula Muda. Semakin dekat dengan panggung, CAT pun akan semakin mahal. 

Makin kecil angka pada CAT, misal CAT 1, maka akan semakin dekat lo dengan penampil saat konser dan lebih mahal pula harga tiketnya.

Jadi, sudah tidak bingung kan, jika teman lo bertanya “lo nonton di CAT berapa?”

2. FOH

Apa itu FOH dalam konser dan ilustrasinya (IME INDONESIA)

Tidak hanya CAT, dalam layout yang dibagikan oleh penyelenggara, terdapat juga tulisan FOH yang kerap menjadi pertanyaan.

Apa arti istilah FOH dalam konser? FOH adalah singkatan dari Front of House. Saat ini, biasanya FOH terletak sejajar dengan penonton atau di tengah. FOH adalah sebutan untuk tim utama yang bertugas mengontrol perangkat dari sound system (soundman), lighting, dan multimedia. Singkatnya, FOH merupakan ‘otak’ dari pertunjukan, Kawula Muda.

FOH juga berisi cameramen utama, video operator, dan lighting designer. Menurut beberapa orang sih, paling enak menonton dari posisi belakang FOH, Kawula Muda! Soalnya, suara yang akan lo dengar lebih stereo!

3. Festival

Ilustrasi festival dalam konser, sajikan pengalaman menonton dari dekat sembari berdiri (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Faktanya, CAT terbagi lagi nih, ke dalam beberapa pilihan untuk lo. Salah satunya adalah festival. Tiket festival adalah tiket yang diperuntukkan bagi lo yang ingin menonton tepat di depan panggung. Spesifiknya, tiket festival ini adalah tiket untuk menonton secara berdiri, tanpa tempat duduk.

Tiket festival dikatakan merupakan tiket untuk pengalaman konser yang paling maksimal. Selain dekat dengan panggung, lo bisa bebas menari, Kawula Muda!

4. Restricted View

Ilustrasi restricted view saat konser BLACKPINK (TWITTER/nickoakbar)

Saat penjualan tiket Coldplay di Jakarta kemarin, terdapat salah satu kategori yang bertuliskan Restricted View. Restricted View atau RV berkaitan dengan sudut pandang penonton saat menyaksikan konser.

Istilah ini diperuntukkan bagi pemegang tiket dengan akses dan jarak pandang yang terbatas ke panggung.

Biasanya, Restricted View dijual dengan harga murah dan terletak di sisi kanan dan kiri panggung utama.

Meski terhalang beberapa benda dan tidak bisa melihat panggung secara menyeluruh, tiket Restricted View masih diminati oleh banyak penonton. Asalkan, pihak penyelenggara memberikan informasi sejak awal, Kawula Muda!

5. Wristband

Ilustrasi wristband saat konser musik (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Saat membeli tiket, terkadang terdapat informasi mengenai penukaran wristband atau lainnya. Wristband sendiri adalah jenis tiket yang diberikan dalam bentuk gelang. Biasanya, wristband terbuat dari kertas atau kain dengan sistem perekat khusus dengan sistem keamanan berupa barcode untuk mencegah duplikasi.

Saat konser musik, wristband menjadi penanda akhir bahwa lo adalah penonton yang sah sesuai dengan kategori tiket yang lo beli. Wristband juga digunakan untuk memudahkan perbedaan kursi atau kategori antar penonton, Kawula Muda.

Perlu diingat, penggunaan wristband sangat krusial. Sehingga, pastikan lo menjaga wristband dengan baik agar tidak rusak dan lepas terutama jika konser atau festival musik dilaksanakan lebih dari satu hari.

6. Early Bird

Ada banyak jenis penjualan tiket yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Misalnya early bird. Melansir Kumparan early bird adalah jenis tiket yang dijual sebelum presale. Jenis tiket ini biasanya disediakan dalam kuota terbatas dengan harga yang sangat murah. 

Terkadang, tiket early bird dijual dengan harga setengah dari harga tiket presale.

Biasanya, pemegang tiket early bird membeli tiket jauh sebelum pihak penyelenggara mengumumkan siapa penampil, loh.

Tidak hanya itu, beberapa penyelenggara juga membuat aturan bagi pemegang early bird untuk early entry.

Early entry sendiri merupakan batas yang diberikan oleh penyelenggara konser bagi pemegang tiket khusus untuk memasuki area konser sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya sebelum konser atau festival dimulai, pemegang tiket early bird ini harus sudah berada di venue, Kawula Muda.

7. Soundcheck

Meski soundcheck merupakan proses pemeriksaan dan penyesuaian suara sebelum konser dimulai, akhir-akhir ini banyak konser yang menyediakan pilihan soundcheck bagi para penonton.

Jika lo membeli tiket dengan tulisan ‘soundcheck’, lo bisa menikmati proses latihan terakhir idola lo sebelum penonton lain masuk, Kawula Muda. Bahkan, lo bisa menyaksikan idola lo dengan tampilan biasa saja. Soundcheck merupakan salah satu pengalaman yang tidak bisa semua orang rasakan. Untuk itu, harga tiket soundcheck biasanya lebih mahal.

8. Encore

Sering mendengar permintaan ‘encore’ atau obrolan mengenai encore yang tidak terlupakan? Ketahui terlebih dahulu apa itu encore dalam konser, Kawula Muda. 

Istilah encore berasal dari bahasa Prancis yang artinya 'lagi' atau 'sekali lagi'. Dalam konser, encore merujuk pada permintaan penonton kepada penyanyi atau band untuk tampil kembali setelah pertunjukan utama telah berakhir.

Singkatnya, encore adalah bagian tambahan dalam konser yang dilakukan setelah penampilan utama selesai. Encore biasanya berisi penampilan penutup yang spektakuler dan tidak terlupakan, Kawula Muda.

9. Opening Act

Beberapa penonton kerap memastikan, siapa yang menjadi opening act konser yang akan mereka datangi. Opening act sebagai penampil yang tampil sebelum headliner atau artis utama juga kerap spesial dan ditunggu, loh. Untuk itu, jangan sampai lo melewatkan opening act di konser musik yang akan lo datangi ya, Kawula Muda.

Cek informasi secara berkala apakah konser yang lo datangi akan menampilkan special opening act!

10. Seated

Ilustrasi kategori tribune atau seated di konser (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Sebelumnya, seating atau seated lebih dikenal sebagai tribune. Jenis kategori konser yang satu ini akan menyediakan tempat duduk yang nomornya sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Biasanya, seated category ada di samping, belakang, dan atas area festival.

Kelebihannya, lo tidak perlu berdesakan dan pegal karena berdiri. Meski begitu, lo hanya bisa melihat jelas sang penampil lewat layar jika area tempat duduk lo terlampau jauh.

Kawula Muda, sekarang sudah tahu kan, istilah-istilah dalam konser? Jadi, jangan sampai salah lagi ya ketika membeli tiket!

Berita Lainnya