7 Lagu Populer yang Menyimpan Banyak Misteri, Ada "Kenangan Terindah" dan "Sephia"

Ada yang masuk playlist favorit lo gak, Kawula Muda?

Beberapa lagu populer rupanya memiliki misteri, kontroversi, hingga kisah seram di dalamnya (KOLASE PRAMBORS)
Tue, 02 May 2023

Walau banyak digemari, ada saja lagu-lagu populer lokal hingga internasional yang menyimpan misteri di dalamnya. Misteri tersebut dapat berupa asal mula inspirasi, narasi kisah yang seakan bernada kontroversi, hingga makna dari lagu tersebut.

Berikut beberapa lagu populer yang menyimpan banyak misteri dan kisah seram di dalamnya. Mana lagu mistis yang paling membuat lo penasaran, Kawula Muda?

“Kenangan Terindah” - Samsons


Merupakan salah satu lagu hits yang kerap digunakan untuk bergalau ria, “Kenangan Terindah” turut menyimpan misteri. Ada spekulasi yang menyebut terdapat pesan tersembunyi apabila lo mendengar lagu ini dengan kondisi pita kaset yang terbalik. Pernah mencoba, Kawula Muda?

"Hotel California" - The Eagles


Lagu ini dirilis pada tahun 1977 dan menjadi salah satu lagu paling terkenal dari The Eagles. Namun, lirik lagu ini mengandung banyak teka-teki yang tak terpecahkan. Beberapa menganggap lagu ini sebagai metafora untuk penyalahgunaan obat terlarang, sementara pendapat lain mengatakan bahwa lirik “Hotel California” merujuk pada gereja setan. 

“Nina Bobo”


Merupakan salah satu lagu populer yang kerap digunakan untuk menidurkan anak-anak, rupanya “Nina Bobo” mengandung kontroversi di dalamnya. Ada kisah misteri yang menyebut lagu ini dinyanyikan untuk Helena, anak berusia 4 tahun yang telah meninggal. Karena itu, ada yang memercayai bahwa lagu ini dapat mengundang arwah sang Helena atau ‘Nina’, Kawula Muda!

"Stairway to Heaven" - Led Zeppelin


Lagu ini dirilis pada tahun 1971 dan menjadi salah satu lagu terbaik dari Led Zeppelin. Namun, liriknya lagu ini menjadi kontroversi. Beberapa spekulasi mengatakan bahwa lagu ini sebenarnya tentang kegiatan okultisme atau kepercayaan terhadap hal-hal supranatural seperti ilmu sihir, dan bahwa terdapat pesan tersembunyi yang dapat didengar ketika memutar lagu terbalik.

“Lingsir Wengi”


Lagu Jawa yang satu ini seakan identik dengan film horor yang dapat mengundang arwah jahat. Padahal “Lingsir Wengi” merupakan lagu Jawa populer yang kerap dinyanyikan oleh seorang sinden. Dipercaya, ketika lagu ini diputar, maka akan ada seseorang yang mengintip lo dari keremangan malam. Seram!

"Imagine" - John Lennon


Lagu ini dirilis pada tahun 1971 dan menjadi salah satu lagu terbaik dari John Lennon. Namun, liriknya juga menyimpan banyak misteri. Beberapa spekulasi mengatakan bahwa lagu ini sebenarnya tentang dunia tanpa agama, sementara yang lain mengatakan bahwa liriknya memiliki makna politik.

“Sephia” - Sheila on 7


Pada suatu hari, Eros (gitaris Sheila on 7) mendapat telepon dari perempuan misterius yang mengaku sebagai penggemar bernama Sephia. Akan tetapi, menurut cerita yang beredar, Sephia adalah sosok penggemar yang sudah meninggal akibat kecelakaan saat menuju konser Sheila on 7. Hal ini pun menjadi kisah mistis tersendiri akan lagu “Sephia”, Kawula Muda!

Berita Lainnya