Direktur Pertama Robot AI di Indonesia Bernama Ardi

Kantor lo berminat juga, Kawula Muda?

Ardi, Direktur berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) pertama di Indonesia (SURYADHAMMA INVESTAMA)
Tue, 02 May 2023


PT Suryadhamma Investama memperkenalkan Ardi, Direktur berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pertama di Indonesia. Adapun perusahaan tersebut dikenal dengan nama Brights Corporation, Kawula Muda!

“Ardi, direktur AI pertama di Indonesia dipilih pada April 2023 untuk perusahaan, dikembangkan menggunakan platform Semar.AI," demikian tertulis pada situs resmi perusahaan, dikutip Selasa (02/04/2023).


Dijelaskan, Ardi juga dilengkapi beberapa skill sehingga dapat ‘menjabat’ sebagai direktur. Mengutip laman resminya, Ardi rupanya berperan sebagai berikut!

  • Mengawasi kinerja para karyawan

  • Memberi nasihat

  • Memberi rekomendasi strategis berdasarkan analisis data secara langsung

  • Menganalisis kinerja perusahaan menurut indeks performa kunci atau Key Performance Index (KPI) yang telah ditentukan perusahaan

  • Memantau indikator kinerja utama

  • Mengevaluasi strategi bisnis

  • Mengidentifikasi potensi risiko

  • Menumbuhkan budaya inovasi

Sembari meluncurkan direktur AI tersebut, Brights Corporation memang turut memperkenalkan teknologi AI yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia, bernama Semar.AI.

“Dengan Ardi di dalamnya, perusahaan menunjukkan komitmennya untuk merangkul pengambilan keputusan berbasis AI untuk masa depan yang sukses," tulis Founder dan CEO perusahaan, Eddy Yansen.

Lebih lanjut, AI memang telah mengalami perkembangan pesat di dunia. Sebelumnya, ChatGPT, model AI berbahasa percakapan juga ramai dibicarakan dan digunakan oleh warganet.

Mengutip KataData, selain Brights Corporation, banyak pula industri yang menyertakan AI di dalamnya. Lima kategori industri yang paling banyak menggunakan AI adalah teknologi (32), otomotif (29), layanan keuangan (28), energi (27), serta media dan hiburan (22). 

Berita Lainnya