Baskara Putra Kenang Asal Mula Lomba Sihir Terbentuk dari Band Kampus

Siapa yang sudah nonton konser Lomba Sihir?

Baskara Putra ceritakan awal mula band Lomba Sihir terbentuk (SUMBER ISTIMEWA)
Thu, 15 Jun 2023

Grup musik Lomba Sihir baru saja menyelesaikan tur perdana mereka, “Parade Sihir: Tur Perdana Lomba Sihir” di beberapa kota di Indonesia.

Band yang mengusung genre pop elektronik dengan drum dan gitar yang kuat tersebut sukses tumbuh secara cepat.

Sejak mulai berkarya di tahun 2019, Lomba Sihir semakin menunjukkan eksistensinya di industri musik. Salah satu yang mencuri perhatian banyak orang adalah nama band mereka sendiri, yakni “Lomba Sihir”.

Para pendengar sekaligus penggemar mungkin bertanya-tanya, dari mana asal nama yang catchy sekaligus unik tersebut?

Berawal dari band kampus Baskara Putra, Lomba Sihir sukses selesaikan tur perdananya! (INSTAGRAM/lombasihiryes)

Faktanya, awal mula Lomba Sihir terbentuk dari band kampus Baskara Putra (Hindia) yang berumur pendek, Kawula Muda. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Hindia kemudian membentuk kembali band Lomba Sihir pada tahun 2019.

Cerita terbentuknya Lomba Sihir secara personal dibagikan oleh Baskara melalui akun Instagram pribadinya.

“Sebagai gambaran, @lombasihiryes adalah sebuah nama band yang saya dirikan sejak saya masih kuliah; sebuah proyek kecil dengan saya, @rubinawinnie, @fireskullfire dan @ardianbantet di dalamnya,” tulis Baskara.

“Idenya sudah ada tapi kami tidak mencoba untuk mengejar lebih jauh (hanya setelah satu pertunjukan, lol) dan nama band melekat pada saya sejak saat itu.”

Dalam unggahannya, Baskara juga menyematkan sebuah foto yang memperlihatkan playlist Spotify berjudul “Wacana Besar Lembaga Lomba Sihir”.

Baskara Putra ungkap asal mula nama band 'Lomba Sihir' (INSTAGRAM/wordfangs)

“Jadi daftar putar ini dibekukan dalam waktu cukup lama… Kamu akan melihat fakta bahwa ada 'wacana besar' di depan namanya,” tambah Baskara.

Playlist atau daftar putar yang menjadi asal muasal terbentuknya Lomba Sihir tersebut menjadi kenangan personal bagi Baskara.

“Dan kami menghapus 'Lembaga' dari 'Lembaga Lomba Sihir' dan memutuskan untuk menjalankannya. Sekarang band saya yang ceria ini akan melakukan tur pertamanya. Setelah memiliki waktu sendiri untuk menyelesaikan album sendiri, saya bersatu kembali dengan petasan ini lagi,” kenang Baskara.

Lomba Sihir sendiri menjadi band yang membebaskan setiap personil untuk mengekspresikan diri. Pasalnya, personil Lomba Sihir sendiri didominasi oleh produser muda berbakat Indonesia.

Saat ini, Lomba Sihir beranggotakan lima orang, Kawula Muda. Lima personil Lomba Sihir diketahui memiliki karakteristik yang berbeda, namun sukses membuat sebuah kesatuan yang sempurna. 

Yuk, kenal lebih jauh dengan para personil Lomba Sihir!

Biodata dan Profil Lomba Sihir

Profil dan biodata personil Lomba Sihir (SUMBER ISTIMEWA)

1. Baskara Putra

Nama Lengkap: Daniel Baskara Putra

Nama Panggung: Hindia atau Baskara Putra

Tanggal Lahir: 22 Februari 1994

Posisi: Vokalis sekaligus pendiri

Fakta Unik: Biasa dipanggil Hindia sebagai ‘moniker’ atau julukan Baskara Putra saat menyanyi bersama Lomba Sihir atau nama panggungnya. 

2. Natasha Udu

Nama Lengkap: Natasha Rosanie Candarasjmi Harahap

Nama Panggung: Natasha Udu

Tanggal Lahir: 10 Februari 1995

Posisi: Vokalis

Fakta Unik: Disebut sebagai Joker di Lomba Sihir dan kerap bertingkah konyol tapi selalu menulis lagu dengan makna yang dalam dan melankolis.

3. Rayhan Noor

Nama Lengkap: Rayhan Noor

Posisi: Gitaris dan vokal

Fakta Unik: Solois dan produser yang berbakat, mampu mengungkapkan perasaannya lewat lagu, dan family man

4. Tristan Juliano

Nama Lengkap: Tristan Juliano

Nama Panggung: Tristan Juliano

Tanggal Lahir: 15 Juli 1997

Posisi: Keyboard dan vokal

Fakta Unik: adik dari Kevin Aprilio, senang menggubah chord, dan punya daya tarik saat memainkan instrumen

5. Enrico Octaviano

Nama Lengkap: Enrico Octaviano

Posisi: Drumer

Fakta Unik: Pernah jadi drummer untuk musisi atau band Indonesia sebelum bergabung dengan Lomba Sihir, seperti Scaller, HIVI!, sampai Isyana Sarasvati. 

Lomba Sihir tampil di Skulprize 2023

Setelah menyelesaikan tur perdana mereka, Lomba Sihir juga akan tampil di “Mangkal On Skul: Skulprize 2023”, Kawula Muda!

Menjadi salah satu lineup bersama GAC, Dere, UN1TY, dan Chainia Lovera, Lomba Sihir akan datang ke MAN 1 Bekasi sebagai pemenang Skulprize 2023 pada 23 Juni 2023 mendatang.

Skulprize 2023 adalah ajang perlombaan tingkat SMA sederajat se-Indonesia yang pemenangnya akan dibikin pensi gratis dari Prambors.

Jika sekolah lo belum menang, download Prambors Radio Apps di Play Store atau AppStore dan follow Instagram Prambors @prambors untuk tahu informasi event Skulprize selanjutnya.

Berita Lainnya