The Beatles akan Merilis Lagu Baru Terakhir dari Teknologi AI

Wahhh, ada lagu baru dari band legendaris!

Paul McCartney ungkap The Beatles akan merilis lagu baru dengan menggunakan AI dan ada suara John Lennon (YOUGOV)
Wed, 14 Jun 2023

Musik dari band legendaris The Beatles akan kembali hadir, Kawula Muda! 

Yup, salah satu personil band tersebut, Paul McCartney mengungkapkan jika band The Beatles akan merilis lagu baru. Namun, perilisan tersebut berbeda karena menggunakan Artificial Intelligence (AI), nih!

Dalam sebuah wawancara, Paul McCartney mengatakan perilisan lagu baru The Beatles telah selesai dan akan dirilis segera dengan memasukkan suara John Lennon versi AI.

"Kami baru saja menyelesaikannya, itu akan dirilis tahun ini," kata McCartney, kepada program Today di Radio BBC 4, mengutip laman NPR, Rabu (14/06/2023).

"Ini akan menjadi rekaman The Beatles terakhir," kata McCartney.

Paul McCartney ungkap The Beatles akan merilis lagu baru dengan menggunakan AI dan ada suara John Lennon (THE GUARDIAN)

Bukan seperti teknologi AI untuk ChatGPT ya Kawula Muda. Kecerdasan buatan yang dimaksud adalah merekam musik dengan menggunakan kaset demo lama suara John Lennon.

Mereka menggunakan materi sumber dari rekaman demo yang dibuat Lennon sebelum kematian sang penyanyi pada 1980.

"Kami dapat mengambil suara John dan membuatnya murni melalui AI ini, sehingga kami dapat mencampur rekaman seperti yang biasa dilakukan," jelas Paul.

Paul menambahkan, dia menyadari teknologi dapat menawarkan kesempatan baru untuk mengerjakan musik setelah melihat Peter Jackson, pembuat film yang terkenal cerdik secara teknis, menghidupkan kembali materi arsip untuk Get Back, yakni film dokumenter tentang band tersebut dalam membuat album Let It Be.

Istri John Lennon, Yoko Ono disebut memberi Paul beberapa rekaman demo rumah John dan Keith Badman. Rekaman itu termasuk lagu cinta Lennon "Now And Then."

Lo penasaran dengan musik terbaru The Beatles enggak Kawula Muda?

Berita Lainnya