Joko Widodo Putuskan Indonesia sudah Masuk ke Endemi Covid-19

Buntut pencabutan pembatasan sosial nih, Kawula Muda.

Presiden Joko Widodo sebut Indonesia akan masuk endemi Covid-19 (KOMPAS)
Wed, 14 Jun 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan bahwa Indonesia masuk ke endemi Covid-19. Pengumuman resmi tersebut katanya akan disampaikan dalam waktu dekat.

Dia mengatakan, pemerintah sudah menggelar rapat terakit pandemi Covid-19, namun masih ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan.

"Kita kan kemarin sudah putuskan untuk masuk ke endemi, tetapi kapan diumumkan baru dimatangkan dalam seminggu-dua minggu," katanya, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (14/06/2023).

Presiden Joko Widodo sebut Indonesia akan masuk endemi Covid-19 (UNSPLASH)

Jokowi mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia sudah terbilang menurun dan vaksinasi juga sudah cukup tinggi.

"Ini nanti yang akan didetilkan jumlah kasus misalnya kayak dua hari yang lalu hanya 117 kemudian kasus aktif 10.200-an. Vaksinasi kita juga sudah di atas 452 juta dosis dan lain-lainnya," ujar Jokowi.

Melansir dari Detik, sebelumnya pemerintah menyampaikan mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia. Rencananya pencabutan status pandemi itu sebagai tindak lanjut keputusan WHO dengan mencabut status darurat Covid-19.

Status pandemi bisa dicabut setelah koordinasi dengan WHO. Pemerintah pun sudah melakukan koordinasi tersebut melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Jokowi juga telah mencabut pembatasan sosial pada Desember 2022. Saat ini, status pandemi Covid-19 masih berlaku di Indonesia, namun pembatasan sosial sudah dilonggarkan termasuk pemakaian masker di ruang publik dan transportasi umum.

Berita Lainnya