Coldplay Gunakan Private Jet Pakai Minyak Goreng Bekas?

Ko bisa ya, Kawula Muda?

Ilustrasi band Coldplay yang gunakan jet pribadi pakai bakar minyak goreng (GQ INDIA)
Mon, 15 Jan 2024

Coldplay sedang melangsungkan tur global bertajuk ‘Music of The Spheres World Tour’.

Selama itu pula pihaknya rela membayar lebih mahal jet pribadi dengan menggunakan bahan bakar minyak goreng bekas atau bahan bakar berkelanjutan (sustainable aviation fuel/SAF).

Dalam laman resminya, sustainability.coldplay.com, Coldplay mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan dan menyediakan bahan bakar SAF bagi penerbangan komersial atau charter yang membawa band, kru, dan peralatan pentasnya.

"Band ini sebagian besar terbang dengan penerbangan komersial, tetapi ada kalanya penerbangan charter diperlukan untuk band, kru dan peralatan. Untuk semua penerbangan, komersial dan charter, kami membayar biaya tambahan untuk menggunakan atau memasok Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF)," tulis Coldplay dalam laman resminya, dikutip Minggu

Band yang saat ini akan melanjutkan turnya di Thailand dan Singapura tersebut mengaku mendapatkan bahan bakar penerbangan berkelanjutan yang 100% dihasilkan dari limbah dan residu, seperti minyak goreng bekas dari restoran.

Jika digunakan tanpa dicampur dengan bahan bakar jet fosil, SAF diklaim dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dari perjalanan udara hingga 80% dibandingkan dengan bahan bakar jet konvensional.

Ilustrasi jet pribadi yang disebut menyumbang 50 pesen emisi karbon di dunia (SHUTTERSTOCK)

Sebagai informasi, pesawat jet merupakan kendaraan yang memicu emisi karbon tinggi.

Sebuah badan kerja di bawah World Economic Forum (WEF), yakni Koalisi Langit Bersih untuk Masa Depan menyebutkan, dalam sekali terbang selama beberapa jam, pesawat jet menghasilkan emisi yang jauh lebih besar dibandingkan rata-rata emisi yang dihasilkan penduduk di 56 negara berbeda, dalam setahun penuh.

Seperti yang kita ketahui, Coldplay memang dikenal sebagai kelompok musik yang peduli lingkungan. Mereka kerap kali mengampanyekan aksi mengatasi perubahan iklim dan menekan emisi karbon, Kawula Muda.

Maka tidak heran jika band asal Inggris ini menggunakan SAF untuk bahan bakar akomodasinya selama tur ‘Music of The Spheres World Tour’ berlangsung.

Ngomong-ngomong soal tur ‘Music of The Spheres World Tour’ yang sekarang akan berlanjut di Thailand dan Singapura, Prambors ngajakin lo buat nonton Coldplay ke Thailand dan Singapura gratis! Bahkan akomodasi dan hotel ditanggung Prambors, lo cuma perlu siapin paspor dan berangkat bareng Prambors nonton Coldplay!

Mau tau caranya? Klik link ini!

Berita Lainnya