Keren! Game Buatan Indonesia di Steam Paling Banyak Se-Asia Tenggara

Keren ya, Kawula Muda

Ilustrasi game steam buatan Indonesia paling banyak se-Asia Tenggara (Steam, Esports ID)
Mon, 15 Jan 2024

Indonesia jadi negara nomor satu di Asia Tenggara yang paling banyak menyumbang game ke platform distribusi game PC Steam.

Hal ini disimpulkan oleh salah satu kurator kenamaan di platform Steam yang biasa mengulas sejumlah game-game independen (indie) yang berasal dari Asia Tenggara, yakni VirtualSEA.

Melalui unggahan di akun media sosial X, akun @VirtualSEA, Sabtu (6/1/2024), membagikan data mereka per awal Januari 2024 dimana sejumlah game Indonesia telah didistribusikan.

Per Januari 2024, jumlah game buatan developer indie Tanah Air mencapai 256 game di Steam. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari game yang sudah dirilis, batal atau ditunda perilisannya, masih dalam tahap awal (early access), serta game yang akan segera dirilis.

Ilustrasi game steam buatan Indonesia paling banyak se-Asia Tenggara (Istimewa)

Angka tersebut jadi yang terbanyak dibandingkan game buatan developer indie negara-negara lainnya, seperti Thailand dan Singapura yang berada di posisi kedua dan ketiga sebagai penyumbang game terbanyak di Steam.

Sementara itu, jumlah game buatan Thailand yang berada pada peringkat kedua di Steam berjumlah sekitar 158 game, yang kemudian menjadi salah satu pencapaiannya, lantaran sebelumnya Thailand berada di peringkat ketiga. Sedangkan game buatan Singapura yang ada di Steam mencapai 134 game.

Berikut daftar negara Asia Tenggara dengan jumlah game terbanyak di Steam per Januari 2024:

1. Indonesia: 256 game

2. Thailand: 158 game

3. Singapura: 134 game

4. Filipina: 92 game

5. Malaysia: 80 game

6. Vietnam: 40 game

7. Brunei Darussalam: 7 game

8.Myanmar: 5 game


Game Steam favorit lo, apa Kawula Muda?

Berita Lainnya