Duo Pop joan Rilis EP 'hi' dan 'bye', Ceritakan Proses Membuat Lagu Hanya 20 Menit

Kawula Muda, udah dengerin EP barunya joan belum?

Duo pop joan. (INSTAGRAM/SONGSBYJOAN)
Tue, 07 Dec 2021

Kawula Muda, joan, duo pop asal Arkansas, Amerika Serikat, baru saja merilis dua EP terbarunya yaitu "hi" dan "bye".

Melalui joan virtual release party yang diadakan Selasa (7/12/2021) WIB, Alan Thomas dan Steven Rutherford bercerita bagaimana perilisan double EP-nya merupakan "wild journey" baginya.

"'hi' about the beginning of relationship, and 'bye' about the end of the relationship," tutur Steven. Keduanya pun memainkan satu lagu dari masing-masing EP, yaitu "something special" dan "so done".

Sementara itu, Alan mengatakan bahwa pada dasarnya, mereka ingin membuat lagu-lagu lucu tentang orang yang menikah dengan bahagia. "We just had our first baby girls," Alan pun memberitakan kabar baiknya. 

"Kita menulis lagu fiksi terkadang. Namun, juga personal," tambahnya.

Bagaimana duo musisi tersebut membuat lagu rupanya memiliki banyak cerita lucu di baliknya. Bahkan, Steven membeberkan bahwa mereka menulis lagu hanya dalam waktu 20 menit.

Alan Thomas dan Steven Rutherford. (Dok. PRAMBORS)

 

"Big eyeroll," pungkasnya.

"Rasanya, setiap keputusan yang kita buat, kita membuatnya dengan benar."

Namun, Alan menambahkan bahwa faktanya tak selalu begitu. Pun ada pula proses pembuatan EP yang memakan waktu berbulan-bulan.

Mereka pun bercerita bagaimana menulis lagu juga punya struggle-nya sendiri. "Some come naturally to us. Bagian tersulit bagiku yakni displin untuk duduk dan menyelesaikan. Misalnya, kamu bisa menulis chorus, tapi apa selanjutnya? Cerita apa yang ingin kamu buat?" jelas Alan.

Itulah mengapa dirinya sangat bersyukur bisa berpasangan dengan Steven dalam bermusik. Keduanya saling menyeimbangi satu sama lain sehingga menjadi kolaborasi yang baik.

Keduanya pun tak sabar untuk kembali mengadakan tur ke Asia. Steven mengatakan, "Aku terus memikirkannya. Aku benar-benar tidak sabar untuk kembali. Kita selalu bertanya kepada tim kita, 'Kapan kita bisa balik lagi ke sana'. Ini bukan basa-basi, ya, tapi sungguhan," tawanya.

Ketika ditanyakan soal kolaborasi dengan artis lain ke depannya, Alan mengaku sedang mengerjakannya. Namun, ia tak bisa memberi banyak informasi terkait hal itu.

Kita tunggu saja kolaborasinya, ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya