HYBE Angkat Suara terkait Isu Pembebasan Wajib Militer BTS

Kawula Muda, akhirnya HYBE buka pernyataan resminya, nih.

Para member BTS menerima paspor diplomatik dari Presiden Korea Selatan. (TWITTER/BIGHIT MUSIC)
Tue, 12 Apr 2022


Wajib militer (wamil) untuk BTS sepertinya masih ramai dibicarakan. CCO HYBE, Lee Jin Hyung, menuturkan pernyataan resmi terkait panggilan wamil untuk para artisnya.

"Kami memang khawatir membicarakan ini, karena kami tahu betapa pentingnya masalah dinas militer di Korea. Kami berharap keputusan tentang amandemen UU Dinas Militer akan segera diambil," tuturnya saat konferensi pers di konser BTS PERMISSION TO DANCE ON STAGE - LAS VEGAS pada Minggu, 10 April 2022 waktu setempat.

"BTS telah menyampaikan pesan beberapa kali bahwa mereka akan menerima panggilan tugas ketika negara memanggil mereka, dan mereka tidak mengubah keputusan itu," terang Jin Hyung.

 

BTS saat menghadiri Sidang Umum PBB ke-76. (TWITTER/BTS BIGHIT)

 

Untuk diketahui, wajib militer bagi pria di Korea Selatan memiliki batas maksimal hingga usia 28 tahun. Ini berbeda dengan BTS yang diperbolehkan menunda pendaftaran wamil karena memberikan kontribusi besar bagi kepentingan nasional. Hal ini tertuai dalam amandemen yang disahkan pada Desember 2020.

Melihat amandemen untuk BTS, Amandemen Wajib Militer BTS, merujuk pada artis yang menerima rekomendasi dari Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata menunda wamil hingga berusia 30 tahun berdasarkan perhitungan umur internasional.

Dengan begitu, berdasarkan Undang-Undang yang berjalan saat ini, anggota tertua di BTS, Jin, harus melakukan wamil sebelum akhir 2022.

Walau demikian, anggota parlemen yang memberikan usulan UU penundaan wamil kepada artis termasuk BTS, belum memiliki kesepakatan bersama oleh legislatif Korea Selatan.

Jin Hyung pun ingin segera pemerintah memberikan keputusan dengan segera agar perdebatan terkait penundaan wamil oleh BTS segera berakhir.

"Kami berencana untuk melalukan yang terbaik sehingga keputusan dapat diambil dan bermanfaat bagi kami dan BTS. Kami harap keputusan bisa tercapai secepatnya," terangnya.

Berita Lainnya