Ini Penghasilan Setiap Member BTS dari Postingan Bersponsor di Instagram!

Kawula Muda, jadi sponsor postingan Instagram setiap personel BTS tentu saja enggak gampang!

Boygroup K-Pop, BTS. (FACEBOOK/OFFICIAL BTS)
Sat, 16 Jul 2022

Beberapa bulan lalu, para member BTS akhirnya mulai membuka akun Instagram pribadi mereka. Tak lama setelah membuka akun Instagram pribadi, jumlah pengikutnya langsung melonjak drastic, bahkan lebih dari 35 juta.

Nah, yang bikin penasaran nih, berapa ya penghasilan yang bakal mereka dapat kalau mengunggah postingan bersponsor di platform media sosial itu?

Melansir dari Koreaboo, SPEAKRJ suatu auditor media sosial terpercaya telah mengungkap besaran penghasilan dari setiap akun member BTS jika mereka mengunggah postingan bersponsor.

Perhitungan itu berdasarkan pada empat factor yaitu jumlah pengikut, engagement, rata-rata likes, dan rata-rata komentar. Data yang didapat berdasarkan pantauan per 16 Juli 2022.

Berapa ya kira-kira pendapatan RM, V, Jimin, Jungkook, J-Hope, Suga, dan Jin dari Instagram mereka? Simak di bawah ini ya!

1. Kim Taehyung alias V BTS

Kim Taehyung alias V, salah satu member BTS. (FACEBOOK/BTS)

 

Dengan jumlah followers mencapai 46,9 juta, Taehyung menjadi salah satu member BTS yang memiliki jumlah pengikut terbanyak. Tingkat engagement di akun Instagram V sebesar 29 persen dan jumlah rata-rata likes per unggahan mencapai 13,5 juta. Biaya untuk mengunggah postingan bersponsor di akun V diperkirakan mencapai 68 ribu dolar AS sampai 810 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 12,1 miliar.

2. Jimin BTS

Hingga saat ini, akun Instagram Jimin telah mendapatkan 39,1 juta followers. Akun yang diberi nama @j.m ini memiliki rata-rata engagement mencapai 32,55 persen dan menjadi yang tertinggi di antara para member. Setiap unggahan Jimin mendapatkan rata-rata likes mencapai 12,6 juta. Dari unggahan bersponsor di akun Instagram-nya, Jimin diperkirakan bisa mendapatkan sekitar 63 ribu – 756 ribu dolar AS atau sekitar Rp 944 juta hingga Rp 11,3 miliar.

3. Min Yoongi alias Suga BTS

Suga yang menamai akun Instagram-nya dengan @agustd ini memiliki 36,8 juta followers. Rata-rata engagement akun IG-nya mencapai 29 persen, sedangkan jumlah rata-rata di setiap unggahannya mencapai 10,7 juta. Penghasilan Suga dari satu postingan bersponsor di akunnya bisa mencapai 54 ribu dolar AS – 645 ribu dolar AS atau sekitar Rp 809 juta sampai Rp 9,6 miliar.

4. Kim Seokjin atau Jin BTS

Dengan jumlah followers mencapai 37,6 juta, akun Instagram Jin memiliki rata-rata engagement mencapai 27,2 persen. Setiap unggahannya rata-rata mendapatkan 10,2 juta likes. Dari postingan bersponsor di akun Instagram-nya, Jin bisa mendapatkan 51 ribu – 614 ribu dolar AS atau sekitar Rp 764 juta – Rp 9,2 miliar.

5. Jung Hoseok alias J-Hope BTS

Member BTS yang baru saja melakukan debut solonya dengan merilis album “Jack In The Box” ini memiliki akun Instagram pribadi yang diberi nama @uarmyhope. J-Hope memiliki 37,6 juta pengikut dan tingkat engagement akunnya mencapai 20 persen. Setiap unggahan mendapatkan 7,5 juta likes. Dengan mempertimbangkan data tersebut, J-Hope diperkirakan mendapat penghasilan mencapai 37 ribu – 449 ribu dolar AS per postingan bersponsor atau sekitar Rp 554 juta sampai Rp 6,7 miliar.

6. Jungkook BTS

Jungkook, salah satu member BTS. (TWITTER/BTS OFFICIAL)

 

Member yang memiliki nama asli Jeon Jungkook ini sempat mengganti nama akun Instagram. Terakhir, ia memilih untuk menamai akunnya @jungkook.97. Saat ini, akun Jungkook memiliki 43,4 juta followers. Rata-rata engagement di akun Instagram-nya mencapai 15,15 persen dengan setiap unggahan mendapatkan rata-rata 6,6 juta likes. Untuk satu postingan bersponsor, Jungkook bisa mendapatkan 33 ribu sampai 395 ribu dolar AS atau sekitar Rp 494 juta sampai Rp 5,9 miliar.

7. Kim Namjoon alias RM BTS

Perhitungan pendapatan RM dari akun Instagram-nya tidak sepenuhnya bisa akurat, karena dia menyembunyikan jumlah likes yang didapatkan di setiap unggahannya. Berdasarkan jumlah pengikutnya, akun Instagram RM memiliki 36,2 juta followers. Perkiraan biaya untuk unggahan bersponsor di akun RM bisa mencapai 16 ribu dolar AS atau sekitar Rp 239 juta. Tetapi, jumlah ini bisa jauh lebih tinggi pada kenyataannya.

BTS dikenal dengan pengikut organik di setiap platform. Meskipun ada sedikit perbedaan dalam jumlah akun Instagram masing-masing, semua anggota sebenarnya memiliki rasio keterlibatan yang sangat mengesankan. Sejauh ini, tidak ada anggota BTS yang melakukan postingan bersponsor di Instagram mereka.

Berita Lainnya