Jennifer Hudson Menang Tony Awards dan Sukses Menyandang Status EGOT, Apa Sih?

Kawula Muda, hanya segelintir selebritas yang mampu menyandang status EGOT.

Penyanyi sekaligus aktris Amerika, Jennifer Hudson. (INSTAGRAM/JENNIFER HUDSON)
Tue, 14 Jun 2022


Jennifer Hudson baru-baru ini sukses memenangi penghargaan di Tony Awards 2022 berkat musikal yang ia produseri berjudul A Strange Loop. Karena kemenangan yang diperolehnya ini, Jennifer Hudson sukses menyandang status EGOT.

Melansir dari Variety, sebelumnya telah banyak publik figur yang mendapatkan gelar EGOT. Jennifer Hudson menjadi figur publik ke-17 yang berhasil mendapatkan status EGOT.

 Ia juga menjadi orang kulit hitam ketiga yang meraih status itu setelah John Legend dan Whoopi Goldberg.

John Legend mendapatkan status EGOT pada 2017, sedangkan Whoopi Goldberg memperoleh status tersebut pada 2002. Biasanya, status EGOT akan lengkap setelah mereka menjadi seorang produser untuk musikal.

Selebritas dunia yang juga pernah menyandang status EGOT adalah Richard Rogers, Rita Moreno, Alan Menken, Andrew Llyod Webber, Mike Nichols, Mel Brooks, dan juga Audrey Hepburn yang justru mendapatkan statusnya setelah ia wafat.

Sebenarnya, apa sih EGOT itu? EGOT merupakan singkatan dari sejumlah penghargaan bergengsi di dunia yaitu Emmy, Grammy, Oscar, dan juga Tony Awards.

Status ini diberikan pada individu yang berhasil meraih kemenangan di empat penghargaan prestisius tersebut selama mereka berkarier di dunia hiburan.

Emmy Awards merupakan penghargaan untuk insan pertelevisian, Grammy Awards adalah penghargaan di bidang musik, Oscar untuk film, sedangkan Tony Awards untuk musikal dan teater.

Pada 2006, Jennifer Hudson pertama kali mendapatkan piala Oscar untuk kategori Pemeran Pendukung Terbaik berkat penampilannya di film Dreamgirls.

Kemudian, dia memenangi dua Grammy Awards untuk album teater musikal terbaik berkat “The Color Purple” pada 2017 dan album R&B terbaik untuk albumnya pada 2009.

Namanya mulai sering mendapatkan nominasi untuk sejumlah karya. Tak berhenti sebagai penyanyi dan pemain film, Jennifer Hudson mulai merambah ke belakang layar dengan menjadi seorang produser.

Ia pun memproduseri sejumlah film di antaranya Baba Yaga. Film animasi besutannya ini pun berhasil mendapat Daytime Emmy pada 2021.

Terakhir, namanya kembali berjaya di penghargaan Tony Awards 2022 di mana ia mendapatkan kredit untuk musikal A Strange Loop. Di ajang penghargaan tersebut, A Strange Loop berhasil memenangi kategori Best Musical.

Sementara itu, masih banyak aktor serta musisi dunia lainnya yang masih membutuhkan kemenangan di Tony Awards untuk melengkapi status EGOT.

Mereka adalah Julie Andrews, Cher, Randy Newman, Trent Reznor, Atticus Ross, Martin Scorsese, Barbra Streisand, John Williams, dan juga Kate Winslet.

Berita Lainnya