Kanye West Digugat atas 'Pencurian' Sampel Lagu di Album Donda 2

Kanye enggak pakai lisensi resmi terkait sampel lagu 'Flower', Kawula Muda.

Rapper-Kanye West. (GettyImages/Johnny Nunes)
Sun, 03 Jul 2022

Penyanyi sekaligus rapper asal Amerika, Kanye West digugat oleh musisi Marshall Jeffereson lantaran penggunaan sampel musik yang tidak berizin di lagu pada album Kanye, Donda 2.

Katanya, Kanye telah mengambil sampel dari lagu Marshall Jefferson 'Move Your Body' pada tahun 1986.

Dalam gugatan, Kanye sebenarnya sudah tahu bahwa 'Flower' menggunakan sampel musik dari 'Move Your Body', namun ia tidak mengambil sampel menggunakan lisensi resmi.

"Kanye West mengadvokasi hak-haknya sebagai musisi, tapi disisi lain tidak malu mengambil hak musisi lain dengan tangannya," terang gugatan tersebut, dilansir dari Antara, Jumat (01/07/2022).

Perwakilan Marshall, Ultra International Music Publishing menyebutkan lisensi resmi atas 'Move Your Body' yang memang dimiliki oleh pihaknya.

Album Kanye, Donda 2 sudah rilis pada Februari 2022 lalu di perangkat Stem Player oleh Kano Computing, perusahaan teknologi Inggris.

Tapi, Kanye West maupun Kano Computing tidak ingin angkat suara tentang kasus ini, Kawula Muda.

Ini juga bukan pertama kalinya mantan suami Kim Kardashian itu digugat tentang sampel lagu. Pada Mei 2022, khotbah dari Pendeta asal Texas, David Paul Moten, dijadikan sampel musik tanpa izin oleh Kanye.

Di lagu 'Ultralight Beam' pada 2016 milik Kanye pun juga pernah terkena masalah hukum tentang sampel tanpa izin oleh penyanyi Hungaria dengan lagunya 'New Slaves'.

Berita Lainnya