Konser Sheila On 7 "Tunggu Aku di Jakarta", Duta 'Lupa' Lirik sampai Menahan Tangis

Masih kebayang senyumnya Pak Duta :)

Konser Tunggu Aku di Jakarta Sheila On 7 (Instagram/antara.suara)
Mon, 30 Jan 2023

Konser "Tunggu Aku di Jakarta" sukses digelar di Jiexpo, Kemayoran pada 28 Januari 2023 lalu. Ini merupakan konser pertama Sheila On 7 setelah ditinggal oleh drummer mereka, Brian Kresna. Di tahun ini pula, Sheila On 7 menginjak 27 tahun. 

Sebelum Duta, Eross dan Adam menghibur Sheila Gank (panggilan penggemar Sheila On 7) selama dua jam non stop, Cokelat Band dan Perunggu mengisi panggung kala Duta dkk. bersiap untuk menyuguhkan penampilan terbaik mereka untuk Sheila Gank di Jakarta. 

Pukul 20.00 WIB, Sheila On 7 memulai aksi mereka dengan intro lagu theme song serial popular Netflix, "Stranger Things" dengan latar berwarna merah dilanjut dengan lagu "Pejantan Tangguh.

Sheila On 7 membuka konser dengan tema "Stranger Things" (PRAMBORS/HELEN)

 

Tak hanya bertiga, Duta, Eross dan Adam kali ini dibantu oleh Bounty Ramdhan, mereka membawakan 21 top hits-nya yang dipastikan sudah berada di luar kepala para Sheila Gank sejati untuk dinyanyikan bersama. Lagu-lagu tersebut berhasil menggiring emosi Sheila Gank dari senang, takjub, nostalgia sampai menangis. 

Dihadiri Sheila Gank Berbagai Generasi

Konser "Tunggu Aku di Jakarta" bukan hanya sekadar ajang 'menonton sang idola', Sheila On 7 sebagai salah satu band legendaris Indonesia menyuguhkan interaksi yang apik antara para member band dan ribuan penggemarnya. Lewat lirik-lirik romansa yang dinyanyikan Duta, sepanjang konser berlangsung, penonton seolah 'hidup' di dimensi lain sampai tak kenal waktu. Dua jam rupanya kurang bagi Sheila Gank yang datang tak hanya dari wilayah Jabodetabek saja, bahkan Sheila Gank dari Malaysia sudah bertengger di front row sejak siang demi menonton sang idola.

Sheila Gank Malaysia (Instagram/sg_kotadaenk)

 

Konser musik yang biasanya dihiasi oleh para muda-mudi, di "Tunggu Aku di Jakarta" berbagai generasi hadir dari yang rambut hitam sampai putih. Banyak grup ibu-ibu dan bapak-bapak ikut berjingkrak mengikuti irama lagu masa sekolah mereka. Seperti yang kita semua tahu, Kawula Muda, Sheila On 7 tak lagi muda, single pertama mereka rilis di tahun 1996. 

Tapi yang namanya band legendaris, bukan berarti karya mereka berhenti hanya di Generasi Boomers sampai Generasi Y saja. Buktinya, Duta sampai kebingungan ketika melihat spanduk yang dibawa salah satu penggemar bertuliskan "Harga, Tahta, Duta" dengan perawakan sepantar dengan anaknya. 

"Ada yang bawa tulisan 'harta, tahta, Pak Duta', umurmu berapa? Mau 'tak puji tapi kok kayaknya seumuran anak saya?" kata Duta sambil memelas di tengah konser. 

Konser dengan Lautan Artis Papan Atas

Yup, artis papan atas dan musisi Tanah Air kerap tertangkap kamera berada di tengah keramaian penonton. Namanya juga band legendaris, enggak heran kalau banyak artis yang hadir, ya. Mereka yang tertangkap kamera di antaranya, Nia Ramadhani, Ashanti, Paula Verhoeven, Teddy Adhtiya, Iga Massardi, Fiersa Besari. 

Ada pula Dewa Budjana dari GIGI yang diundang khusus oleh sang gitaris Sheila On 7, Eross Candra. Katanya, undangan khusus ini sebagai bayaran utang karena ia sering nonton konser GIGI 'colongan' di masa muda. 

"Jaman nonton GIGI, biasanya kita nunggu empat lagu terakhir, karena nunggu dibuka gratis," aku Eross.

"Tapi kali ini aku ke Mas Budjana, gantian. Ya kan Mas, ya?" lanjutnya seakan berinteraksi dengan Dewa Budjana dari atas panggung ke tribune penonton.

"Oh, kamu kasih gratis Mas Budjana, nih?" canda Duta menimpali.

"Udah enggak ngutang kita berarti. Lunas," pungkas Eross.

Duta dari Bercanda Sampai Menangis

Tak hanya momen celetukan Eross yang menggelitik penonton, Duta juga beberapa kali mengeluarkan jokes ala bapak-bapak dan yang paling membekas adalah momen di mana ia lupa dengan lirik lagunya sendiri "Seberapa Pantas".

Setelah intro melodi selesai, Duta dengan percaya dirinya menyanyikan lirik lagu "Seberapa Pantas" dengan versi yang nyeleneh. Dia bergumam dengan nada benar tetapi liriknya salah.

"Enggak-enggak, saya terbayang-bayang yang di Instagram itu, loh. Ulangi ya, maaf," kata Duta seraya memberhentikan instrumen lagu yang sudah kadung mulai.

Rupanya Sheila On 7 tahu, pernah ada video yang sempat viral cover lagu "Seberapa Pantas" dengan lirik yang asal.

Duta Sheila On 7 terharu saat fans menyanyikan lagu "Dan" (PRAMBORS/HELEN)

 

Setelah menghibur penonton, kali ini gantian penonton yang menghibur Duta yang tiba-tiba enggak sanggup menyanyikan lagu "Dan" usai dipeluk oleh Eross. Lagu tersebut pun digantikan oleh nyanyian dari Sheila Gank selama verse pertama sampai bagian reff. Selama itu pula Duta hanya bisa terpaku sambil menahan harunya di depan standing microphone. 

Ditutup dengan "Tunggu Aku di Jakarta"

Seolah tak ingin bubar, Sheila On 7 seperti lupa memberi aba-aba bahwa konser akan segera berakhir. Ketika kode itu hadir, penonton seolah lesu karena merasa masih kurang bernyanyi bersama band idola mereka. 

Pukul 22.02 WIB, lagu "Tunggu Aku di Jakarta" dimainkan dan terasa sangat spesial karena dinyanyikan di kota Jakarta secara langsung.

Sebelum benar-benar berakhir, reff dari lagu tersebut diulang kembali di akhir lagu seolah para anggota band dan penggemarnya sama-sama tak sudi konser harus selesai. 

Bapak-bapak Sheila On 7, semoga kita bisa bertemu lagi di Jakarta atau kota-kota lainnya ya!

Berita Lainnya