Lagu "Rayuan Perempuan Gila" Nadin Amizah Tuai Banyak Masalah!

Semoga enggak ada lagi ya masalah seperti ini

Sederet permasalahan lagu Nadin Amizah "Rayuan Perempuan Gila" yang Viral (INSTAGRAM/cakecaine)
Wed, 02 Aug 2023

Lagu “Rayuan Perempuan Gila” yang dinyanyikan dan ditulis oleh Nadin Amizah menuai berbagai permasalahan. Diketahui, lagu yang dirilis pada 23 Juni 2023 lalu menjadi viral dan sudah didengarkan lebih dari 20 juta kali di Spotify.

Lagu berdurasi kurang lebih 5 menit tersebut menceritakan tentang seseorang yang merasa dirinya 'gila', hanya saja ia ingin dicintai dan layak untuk dicintai oleh pasangannya.

Tidak hanya itu, sang wanita juga meminta agar kekasihnya tetap di sisinya dengan sifat aslinya tersebut.

Meski begitu, lagu yang kerap dijadikan backsound di beberapa platform seperti TikTok dan Instagram ini menuai berbagai permasalahan.

"Rayuan Perempuan Gila" Versi Speed Up Ilegal

Lagu "Rayuan Perempuan Gila" Nadin Amizah di-remix speed up, Nadin marah dan ungkapkan kekesalannya (TikTok/@melatiwangi via KUMPARAN)

Diberitakan sebelumnya, lagu “Rayuan Perempuan Gila” Nadin Amizah diubah aransemennya dengan format lagu speed up.

Lagu “Rayuan Perempuan Gila” diketahui di-remix dengan format speed up dan rekamannya sudah diunggah di TikTok maupun Instagram yang bisa digunakan sebagai backsound.

Hal tersebut kemudian menyulut kemarahan Nadin Amizah. Melalui unggahan Instagram Stories Nadin menuliskan, “Siapa pun yang masukin speed up rpg (Rayuan Perempuan Gila) ke Instagram music buat di-monetize atau dijadiin duit, gue doain kuburan lu banjir terus.”

Nadin juga mengungkapkan bahwa akhirnya ia paham mengapa banyak musisi yang merilis versi speed up dari karyanya ke layanan streaming agar keuntungan tetap dimiliki sang artis dan timnya.

Lagu speed up sendiri adalah cara populer yang digunakan untuk menjadikan sebuah lagu menjadi tren, terutama di TikTok, dengan mempercepat tempo musik.

Aransemen speed up sendiri menjadi populer dan disebut gampang dinikmati oleh generasi saat ini.

Artwork Lagu “Rayuan Perempuan Gila” Diubah

Keluh kesah Nadin Amizah akibat lagu "Rayuan Perempuan Gila" viral dan tuai berbagai masalah (INSTAGRAM/pop.asia, YOUTUBE MUSIC)

Belum berhenti sampai di situ, Nadin Amizah kembali menceritakan permasalahannya dengan lagu “Rayuan Perempuan Gila” yang viral tersebut.

Kali ini, Nadin Amizah dibuat geram dengan pembajakan yang dilakukan oleh pihak tidak dikenal terhadap lagunya. 

“Eh tolong dong gue gapernah punya lagu seviral ini sampe org2 jahat berdatangan, KOCAK TAPI STOP YA,” tulis Nadin pada Minggu, (30/08/2023).

Lagi-lagi, terdapat pihak yang mengklaim lagu Nadin, Kawula Muda. Parahnya, kali ini pihak tidak bertanggung jawab tersebut mengganti artwork lagu “Rayuan Perempuan Gila” di YouTube Music dan Instagram dengan foto perempuan tidak dikenal.

Artwork yang sebelumnya berwarna hitam-putih kini berubah menjadi foto kolase seorang wanita tidak dikenal. Bahkan, Nadin sendiri mengaku tidak mengenal wajah wanita tersebut, Kawula Muda.

Melalui pantauan Prambors, jika Kawula Muda mencari lagu “Rayuan Perempuan Gila” di Instagram, akan terlihat artwork yang berbeda dan bukan orisinal milik Nadin.

Tidak hanya itu, jika Kawula Muda membuka YouTube Music, Kawula Muda bahkan dapat melihat dua buah lagu “Rayuan Perempuan Gila” dengan artwork yang berbeda.

Hal ini berdasarkan pencarian yang dilakukan pada Rabu, (02/08/2023).

Tak Hanya Artwork, Publisher Lagu “Rayuan Perempuan Gila” Juga Tidak Dikenal

Artwork lagu "Rayuan Perempuan Gila" Nadin Amizah diubah oleh pihak tidak dikenal (KOLASE PRAMBORS)

Lebih lanjut, Nadin juga mengungkapkan jika pembajakan kekayaan intelektual yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab tersebut juga turut menyertakan publisher dan record label tidak dikenal yang bukan publisher Nadin.

Saat ini, Nadin bersama timnya sedang mengusut kasus ini. Sebab, menurut penuturan Nadin, oknum yang mampu melakukan hal ini adalah oknum yang berada di luar negeri dan sulit untuk dicari.

Nadin pun mengungkapkan jika hal ini sangat mengerikan, bahkan ia tidak pernah berpikir jika hal seperti ini bisa terjadi, Kawula Muda.

Royalti "Rayuan Perempuan Gila" Bermasalah? 

Kejahatan pembajakan ini tentu menjadi masalah, Kawula Muda. Sebab, seseorang yang memasukkan lagu di layanan digital streaming akan mendapatkan uang atau royalti.

Jika versi speed up atau lagu ‘versi’ lain yang dibuat oleh musisi asli atau di bawah label, hal tersebut tentu tidak menjadi masalah. 

Namun, jika yang membuat versi lain dari lagu asli adalah orang di luar label, musisi dan timnya yang asli tentu akan rugi.

Hiks, jangan sampai terjadi lagi ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya