Lewat EP 'ODE TO BLUE', Cantika Abigail Ingin Tunjukkan Sisi 'Seksi' Perempuan

Kawula Muda, lo paling suka lagu Cantika Abigail yang mana, nih?

Cantika Abigail, anggota grup musik GAC yang telah bubar 2019 lalu. (INSTAGRAM/ABIGAILCANTIKA)
Thu, 28 Oct 2021

Kawula Muda, penyanyi solo Cantika Abigail sebentar lagi akan merilis EP "ODE TO BLUE" pada Jumat (29/10/2021) mendatang. Selain itu, film debut Cantika dalam berakting—"Story of Dinda"—akan mulai tayang di bioskop.

Dalam sebuah listening party "ODE TO BLUE" yang dihadiri rekan-rekan media, Cantika akhirnya menjelaskan filosofi di balik nama EP tersebut.

"Ode artinya puisi yang dinyanyikan aka lyrical dan aku dapet itu juga dari baca-baca salah satu karya dari singer songwriter juga," tuturnya.

Penyanyi solo yang sempat membentuk sebuah grup musik GAC itu mengatakan bahwa kata "blue" sendiri membicarakan soal air. Selain itu, zodiak yang dia miliki, Cancer, juga merupakan elemen air. 

Secara luas, mantan kekasih Pamungkas itu mengatakan bahwa "ODE TO BLUE" sendiri merupakan, "kumpulan perasaan dan perspektif yang pernah ada tapi mungkin gak gue kasih validasi atau tempat untuk mengekspresi."

Ia pun tak menyangka, pada pertengahan pandemi, dirinya mendapatkan ide-ide brilian itu ketika berlibur ke Pulau Dewata.

EP "ODE TO BLUE" sendiri terdiri dari lima lagu, yaitu "Ace of Hearts", "TLC", "Your Loss", "Start Over", dan "Sign". Tiga lagu pertama merupakan lagu terbaru dari wanita berusia 28 tahun itu. 

Menariknya, Cantika membuat sebuah transisi pada lagu ke-2 dan ke-3 sehingga lagu tersebfut seperti menyambung dengan gaya musik penuh emosional.

Sementara lagu "Start Over" telah dirilis pada tahun 2019, dan "Sign" sudah diperdengarkan ke publik pada tahun 2020.

Lagu "Sign" sendiri merupakan hasil kolaborasinya dengan personel RAN, Rayi Putra, yang telah mendapatkan nominasi AMI Awards 2021 dengan Kategori Duo/Grup/Kolaborasi Soul/R&B Terbaik.

Cantika ingin ceritakan perasaannya menjadi seorang wanita

Cantika Abigail saat menghadiri listening party EP "Ode to Blue". (Dok. PRAMBORS)

 

Lagu "Ace of Hearts" sendiri didefinisikan sebagai kartu tertinggi dalam kartu remi. Pada lagu ini, Cantika ingin menjelaskan bahwa dalam sebuah pasangan, cinta-lah yang menjadi terpenting dari segala hal.

"Yuk kita menangin cinta aja, gue capek dengan berantem," tutur Cantika saat mencoba menjelaskan analogi.

Berbeda dengan lagu ke-2 dan lagu ke-3, di mana lagu tersebut berfokus pada topik perempuan. "Tapi, di satu sisi, perempuan agak malu atau tabu. Kadang pengin ngomong ke cowok kalau gue pengin aja manjain lo sehari, tapi cewek sering takut," lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa memang terkadang menjadi seorang wanita penuh dengan tuntutan. Entah tuntutan untuk menjadi tegar, tetapi tetap menjadi seorang yang penyayang.

Kebingungan itulah yang membuat seorang perempuan sering kali tidak bisa asertif atau menyampaikan apa yang diinginkannya.

Melalui EP-nya, cucu dari aktris senior Rina Hasyim itu ingin memperlihatkan "sisi seksi perempuan" yang berbeda-beda. Kadang kala, wanita bisa begitu clingy terhadap pasangan. Namun, ada saatnya mereka ingin menjadi independent woman.

"Menurut gue itu gak papa juga," ucap Cantika.

Liburan ke Bali yang tak direncanakannya itu membuat kreativitas Cantika terpicu hingga dia menyadari bahwa seorang wanita memerlukan wadah untuk menuangkan perasaannya yang kian berubah dan berbeda.

"'Ode to Blue' sama dengan kehidupan secara general...Semuanya harus ada di situ, harus ada validasi, harus ada tempatnya masing-masing."

Video musik dari "Ace of Hearts" sendiri juga akan tayang pada Jumat (29/10/2021) pukul 7 malam WIB.

Sudah siap dengerin EP-nya, Kawula Muda?

Berita Lainnya