Momen Penutupan Konser Tulus Tur Manusia di Jakarta, Indah dan Memukau

Rangkaian konser terakhir yang penuh hangat.

Konser Tulus Tur Manusia 2023 di Jakarta sebagai kota penutup dari 11 kota (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)
Mon, 06 Mar 2023

Konser Tulus yang bertajuk "Tulus Tur Manusia 2023" telah berakhir di Jakarta pada Jumat, 3 Maret 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Konser ini jadi penutup setelah Tulus menyambangi 10 kota Indonesia.

Tulus memulai konser ini pada 1 Februari di kota Medan. Rangkaian tur Manusia ini menjadi kedua kalinya sejak tulus menggelar konser Monokrom di 2019.

Konser Tulus Tur Manusia 2023 di Jakarta sebagai kota penutup dari 11 kota (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

 

Pada penutupan konser "Tulus Tur Manusia 2023" di Jakarta, banyak momen menarik yang disuguhkan oleh Tulus kepada penggemarnya di Ibu Kota.

Berikut adalah rangkuman momen hangat Tulus dalam konser kemarin:

Dibuka dengan musik Betawi

Dalam rangka "Tulus Tur Manusia 2023" ini, Tulus sempat merencanakan bahwa akan ada sesuatu ciri khas yang berbeda di setiap kota saat ia tampil.

Pada konser di Jakarta, sebelum Tulus hadir di atas panggung, penonton menikmati lantunan musik Betawi beberapa menit.

Di layar, tertulis nama "Jakarta" yang menandakan lokasi konser Tulus saat itu. Selang beberapa waktu, masuk intro lagu Tulus.

Bawakan hits terbaik Tulus

Tulus membuka lagu yakni "Satu Kali", salah satu lagu di album terbarunya Manusia. Sontak, penonton langsung bernyanyi sepenuh hati dan mengabadikan momen tersebut.

"Apa kabar semua? Saya Tulus, penyanyi dan penulis lagu. Semoga kalian semua menikmati konser malam ini, yaa," kata Tulus menyapa para penonton.

Pemberian Bunga dari Penonton

Tulus menerima bunga dari penonton dalam Tulus Tur Manusia 2023 di Jakarta (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

Seperti saat konser Tulus di beberapa kota, penonton juga memberikan bunga kepada Tulus, nih Kawula Muda. Usai menyanyikan lagu "Gajah", Tulus mengambil beberapa bunga dari penonton.

Bouquet bunga berwarna biru, sesuai dengan warna tema konser, di pegang oleh Tulus. Bahkan, ada yang memberikan bunga di dalam kotak besar.

"Terima kasih teman-teman. Ini yang ada suratnya akan aku baca nanti selesai konser. Terima kasih. Kita lanjutin (nyanyi) dulu ya?" tanyanya dan dijawab sorakan penonton.

Galau Bersama Penonton di Jakarta!

Bukan Tulus namanya jika tidak membawakan lagu-lagu galau nan dalam ciri khasnya. Dalam "Tulus Tur Manusia 2023", penyanyi 25 tahun itu menyuguhkan deretan lagu galau miliknya bahkan dari album pertama.

"Sepenggal demi sepenggal, saya akan bawakan di sini tidak hanya dari album Manusia saja," kata Tulus.

Mulai dari "Adu Rayu", "Sewindu", "Jangan Cintai Aku Apa Adanya", hingga "Langit Abu-Abu".

Turun Panggung Sapa Penonton Lebih Dekat

Konser Tulus Tur Manusia 2023 di Jakarta sebagai kota penutup dari 11 kota (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

Tulus membawakan lagu "Teman Hidup" pada konser kemarin yang ditujukan kepada penggemar karena sudah bersama Tulus selama 11 tahun.

Spesialnya, setelah Tulus menyanyikan setengah lagu "Teman Hidup", Tulus berjalan ke depan panggung untuk sapa penonton di barisan belakang.

"Kayaknya akan lebih seru kalau saya ke sana (tunjuk penonton belakang) yaa? Bisa kan?" tanyanya yang tak lama turun panggung.

Tulus tiba-tiba berada di barisan belakang festival dan kembali bernyanyi "Teman Hidup". Setelah itu, Tulus berjalan kembali ke arah panggung dan menyanyikan lagu "Manusia Kuat" Seru banget, Kawula Muda!

Kejutan dari Teman Tulus di Setiap Kota

Konser ini turut membuat Tulus terkejut usai adanya kejutannya dari Teman Tulus di berbagai kota yaitu, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, Bali, Jakarta dan Jogja.

"Semoga Tulus Tur Manusia ini bisa menjadi gerbang pembuka Abang untuk mengunjungi lebih banyak kota dan bisa bertemu dengan lebih banyak Teman Tulus di seluruh kota yang ada di Indonesia," terang para Teman Tulus lewat video di layar.

Setelah video selesai ditampilkan, penonton yang berada di JIEXPO Kemayoran, diminta untuk menyalakan flash light di ponsel. Tiba-tiba, masuk Teman Tulus di sisi panggung dan datang membawa bunga untuk Tulus.

Para penggemar masuk sembari bernyanyi lagu "Cahaya". Tulus yang tak menyangka momen itu tertawa dan bertepuk tangan.

"Pertanyaan saya, ini kapan di tempel? (video di layar). Terima kasih banyak Teman Tulus. Dari hati saya terdalam, tidak pernah bosan mengucapkan terima kasih, terima kasih, terima kasih. Saya sangat bangga jadi bagian dari komunitas kita ini," tuturnya.

Penyanyi tersebut kemudian melanjutkan penampilan dengan membawa lagu "Remedi".

Penampilan Ditutup dengan Lagu-lagu Tenang Tulus

Konser Tulus Tur Manusia 2023 di Jakarta sebagai kota penutup dari 11 kota (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

Rangkaian tur konser sekaligus penutup "Tulus Tur Manusia" di Jakarta ditutup oleh Tulus lewat beberapa lagu yang tenang.

Dimulai dari "Diri", sorotan penonton yang ada di layar menampilkan mereka bernyanyi dengan syahdu. Kemudian lanjut dengan "Interaksi" yang juga sempat direkam oleh Tulus lewat ponsel pribadi.

Lagu "17" serta "Hati-Hati di Jalan" menjadi lagu perpisahan Tulus di konsernya.

"Terima kasih sudah datang jauh-jauh. Saya Tulus, terima kasih banyak! Selamat Malam!" kata Tulus sembari melambaikan tangan ke arah penonton.

Semoga Tulus akan menggelar konser tunggal lagi, ya Kawula Muda.

Berita Lainnya