Riset: Gen Z Lebih Suka Cari Informasi di TikTok daripada Google

Lo tetap tim Google atau udah nyaman di TikTok, Kawula Muda?

Ilustrasi Google dan TikTok (KOLASE PRAMBORS)
Fri, 03 Mar 2023


Hasil penelitian terbaru menemukan bahwa gen Z lebih suka mencari informasi di TikTok bila dibandingkan dengan Google

Hal tersebut diungkap oleh analis media dan hiburan Kevin Tran lewat Morning Consult. Ia melakukan survei terhadap 2.199 orang Amerika Serikat dari berbagai generasi. 

Ilustrasi TikTok (UNSPLASH/SOLEN FEYISSA)

 

Berlangsung pada 3 hingga 5 Februari 2023, hasilnya menemukan gen Z paling banyak menggunakan TikTok untuk mencari informasi sebesar 14%. Jumlah tersebut pun jauh berbeda apabila dibandingkan dengan rata-rata penggunaan TikTok generasi lain untuk mencari informasi, yakni 2%. 

Di sisi lain, statistik yang dirilis oleh Morning Consult menunjukkan Google masih menjadi platform pencarian yang paling banyak digunakan, yakni dengan rata-rata pengguna 46%. Selanjutnya, ada pula laman resmi media berita (10%), YouTube (9%), Facebook (9%), Twitter (4%), serta Instagram (2%). 

Adapun selain Google dan TikTok, terdapat juga beberapa platform media sosial lainnya yang kerap digunakan untuk mencari berita oleh generasi Z. Sebut saja Twitter (7%), Facebook (6%), laman resmi media berita (6%), serta Instagram (6%).

Perilaku tersebut pun dijelaskan lebih lanjut. Disebutkan, gen Z masih menggunakan penelusuran Google untuk mengumpulkan informasi tentang acara berita besar. Hanya saja, TikTok adalah tempat mereka mendapat gambaran besar suatu berita serta mencari sisi uniknya lewat video para kreator. 

Hal ini pun sesuai dengan minat besar para generasi muda yang menyukai musik, TV, film, hingga makanan. 

Sama seperti YouTube, algoritma TikTok merekomendasikan konten yang secara tidak sadar lo minati, Kawula Muda! Di sisi lain, video dalam platform ini sangat singkat, mayoritasnya hanya berdurasi kurang dari satu menit. Hal ini pun disukai oleh muda-mudi gen Z yang menyukai sesuatu yang praktis. 

Perkembangan TikTok sebenarnya juga sangat terlihat di Indonesia. Mengutip rilis We Are Social 2023, pengguna TikTok mencapai 109,9 juta dengan usia di atas 18 tahun. Perkembangannya juga sangat besar loh, Kawula Muda! Data tersebut menunjukkan perkembangan hingga 40 juta pengguna sepanjang Oktober 2022 hingga Januari 2023. 

Keunggulan tersebut pun membuat media berita juga telah mulai mengaktifkan akun TikTok mereka. Sebut saja New York Times hingga The Wall Street Journal. Media berita hiburan E! News juga telah memiliki akun tersendiri di platform tersebut dan mengunggah secara aktif. 

Berita Lainnya