Perjalanan Bermusik Rafi Sudirman, Debut jadi Penyanyi di Usia 16 Tahun

Scroll di bawah, Kawula Muda.

Perjalanan karier Rafi Sudirman, penyanyi muda yang mulai bermusik di usia 16 tahun (SUMBER ISTIMEWA)
Fri, 25 Aug 2023

Penyanyi Indonesia tak henti mengeluarkan musisi-musisi muda yang bertalenta, salah satunya Rafi Sudirman. Penyanyi dan penulis lagu asal Jakarta ini sudah hadir di dunia musik sejak 2019.

Rafi Sudirman hingga saat ini memiliki beragam karya yang menarik perhatian penikmat musik Indonesia. Hadirnya Rafi pun tak lepas dari penghargaan yang ia raih dari karya dan penampilannya.

Kawula Muda, kita intip perjalanan bermusik Rafi Sudirman, yuk!

Awal Karier

Perjalanan karier Rafi Sudirman, penyanyi muda yang mulai bermusik di usia 16 tahun (SUMBER ISTIMEWA)

 

Bermula dari ia masih muda dan bergabung dengan proyek Erwin Gutawa dan Gita Gutawa "Diatas Rata-Rata" hingga 2019.

Rafi Sudirman kemudian hadir dalam Perayaan Hari Anak Nasional yang dihadiri oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2013, dan diundang oleh Presiden Joko Widodo Tampil di Perayaan HUT RI di Istana Negara.

Pada November 2022, Rafi merilis EP baru yang ditulis sendiri, Endlessly dengan dua lagu baru unggulan yaitu "Faraway" & "Endlessly".

Kemudian disusul pada Januari 2023 di mana ia merilis remake dari "Heaven" oleh Maliq & D'Essentials dengan Dipha Barus yang memproduseri lagu tersebut.

Single terakhirnya pun sudah dirilis olehnya yang berjudul "Pengagum". Lagu ini merupakan lagu berbahasa Indonesia pertama miliknya, loh!

Album yang telah dirilis oleh Rafi Sudirman adalah Scenery (2020), dan Endlessly (2022). Berbagai single pun di dalam album juga dirilisnya yaitu "Goodnight", "When I'm All Alone", "Collide", "Don't Call My Name", "All That I Need", "Heaven (ft. Maliq & d'Essentials & Dipha Barus)", dan "Pengagum".

Penghargaan

Rafi Sudirman telah memenangkan Penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) untuk "Artis Solo Anak Pria Terbaik" pada tahun 2017.

Ia juga berhasil meraih Medali Emas Kategori Show Choir Kompetisi Paduan Suara Internasional Bali (2018), Medali Emas Kategori Jazz, Pop, dan Pertunjukan Grand Prix Bangsa Gothenburg Swedia (2019).

Penampilan

Penampilan besar Rafi Sudirman sudah bisa dilihat dari Java Jazz Festival pada 2016 silam. Hadirnya Rafi Sudirman saat itu, juga menjadi salah satu batu loncatan ia dalam bermusik.

Di tahun yang sama, pria kelahiran 2003 ini menjadi salah satu penampil di Prambanan Jazz Festival. Bukan hanya konser dalam negeri saja, Rafi juga pernah tampil di konser Honne Intimate Concert pada 2022.

Di awal tahun ini, Rafi membuat penampilannya di Big Bang Festival pada Januari 2023 dan Tur Tulus Manusia Medan pada Februari.

Kemudian, di Java Jazz 2023 bulan Juli lalu menjadi panggung keduanya di festival musik tersebut. Baru-baru ini, Rafi Sudirman menghibur penggemar di We The Fest.

Itu dia perjalanan musik Rafi Sudirman, Kawula Muda.

Berita Lainnya