Profil Rafi Sudirman, Musisi Muda Pendatang Baru yang Berbakat

Kepoin profil Rafi di sini, yuk Kawula Muda!

Rafi Sudirman, penyanyi muda yang miliki banyak prestasi (INSTAGRAM/rafisudirman)
Fri, 18 Aug 2023

Rafi Sudirman merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, produser, dan multi-instrumentalis yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Dia menulis, memproduseri, mengaransemen, mixed & mastering lagu pertama dan EP pertamanya “Goodnight” dan “Scenery”.

Kariernya dimulai ketika ia masih muda dan bergabung dengan proyek Erwin Gutawa dan Gita Gutawa "Diatas Rata-Rata" hingga 2019.

Dia memenangkan Penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) untuk "Artis Solo Anak Pria Terbaik" pada tahun 2017.

Pada November 2022, Rafi merilis EP baru yang ditulis sendiri, Endlessly dengan dua lagu baru unggulan yaitu "Faraway" & "Endlessly".

Rafi Sudirman merilis lagu bahasa Indonesia pertama kali berjudul "Pengagum" (DETIK) 

Pada Januari 2023, dia merilis remake dari lagu "Heaven" oleh Maliq & D'Essentials. Bersama dengan Dipha Barus yang memproduseri lagu tersebut, Rafi membuat terobosan dalam industri musik.

Di pertengahan 2023, ia menulis lagu bahasa Indonesia pertamanya sendiri diproduseri oleh Tohpati, ia mencurahkan perasaan dan isi hatinya lewat lagu barunya yang berjudul “Pengagum”.

Album yang telah dirilis oleh Rafi Sudirman adalah Scenery (2020), dan Endlessly (2022). Berbagai single pun di dalam album juga dirilisnya yaitu "Goodnight", "When I'm All Alone", "Collide", "Don't Call My Name", "All That I Need", "Heaven (ft. Maliq & d'Essentials & Dipha Barus)", dan "Pengagum".

Rafi Sudirman telah mengukir berbagai prestasi sepanjang kariernya bermusik, Kawula Muda. Mulai pada Perayaan Hari Anak Nasional (2013), Tampil di Perayaan HUT RI, Istana Negara (2016), lalu AMI Award Artis Solo Anak Pria Terbaik (2017).

Ia juga berhasil meraih Medali Emas Kategori Show Choir Kompetisi Paduan Suara Internasional Bali (2018), Medali Emas Kategori Jazz, Pop, dan Pertunjukan Grand Prix Bangsa Gothenburg Swedia (2019).

Telah berkarier sejak lama membuat Rafi tampil di beberapa festival musik Tanah Air, pertama kali ia tampil di Java Jazz Festival pada Maret 2016 lalu dan kembali memeriahkan Java Jazz Festival pada Juni 2023. Baru-baru ini, Rafi Sudirman menghibur penggemar di We The Fest pada Juli 2023.

Berita Lainnya