"Pertunjukan Berhati: Memomemoria" dan Cara Sal Priadi Merayakan Album Pertama

Amazed!

Sal Priadi rayakan album "Berhati" lewat “Pertunjukan Berhati: Memomemoria” (ISTIMEWA)
Sun, 06 Aug 2023

Sal Priadi melaksanakan “Pertunjukan Berhati: Memomemoria” untuk merayakan album pertamanya, Berhati, pada Sabtu dan Minggu, 5-6 Agustus 2023 di Gedung Produksi Film Negara.

Mengusung konsep yang berbeda untuk merayakan albumnya, Sal Priadi akan mengajak para pendengar untuk merasakan kembali berbagai perasaan di setiap lagu dengan pengalaman audio visual yang berbeda melalui seni pertunjukan, tari kontemporer, dan aransemen yang digubah oleh Gardika Gigih.

Pertunjukan Berhati: Memomemoria” akan menyajikan ‘Memomemoria’, sebuah tempat misterius yang mampu memutar dan menampilkan memori seseorang. Pada pertunjukan, memori yang diputarkan adalah memori seseorang bernama M.

Sal Priadi ajak penonton merasakan setiap perasaan dan kenangan dari lagu album "Berhati" lewat sebuah cerita yang utuh (ISTIMEWA)

Pertunjukan yang ditulis dan disutradarai oleh musisi dan aktor asal Malang, Jawa Timur ini akan memutar seluruh lagu dalam album Berhati dengan menghadirkan sebuah kesatuan cerita yang utuh dari awal hingga akhir.

“Perayaan artinya mengingat semua proses yang kita bikin, mengingat semua kenangan dan memori kita atas proses memulai semua ini. Hari ini (Pertunjukan Berhati) perayaannya soal itu, apa yang terjadi di sana, semua ingatan itu, diwujudkan,” ujar Sal Priadi saat ditemui oleh Prambors, Jumat (04/08/2023).

Pertunjukan ini dapat dikatakan berbeda dan menarik dari cara musisi lain untuk mengenang sekaligus merayakan album mereka.

Pasalnya, tidak hanya pertunjukan utama, “Pertunjukan Berhati: Memomemoria” juga memiliki Sarmal (pasar malam) yang menghadirkan pengalaman sekaligus penampilan sebelum pertunjukan utama dimulai. Bahkan, cerita tentang M sudah dimulai diceritakan sejak satu bulan lalu di Instagram @pertunjukanberhati. 

Para penonton juga diharuskan mengenakan pakaian serba hitam, sebagai bentuk dari keterlibatan pertunjukan ini sendiri.

Pengalaman yang holistik dan imersif dari “Pertunjukan Berhati: Memomemoria” ini memang harapan dari Sal Priadi mengenai album perdananya, Kawula muda.

“Saya ingin menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi para pendengar album Berhati,” tambah Sal Priadi.

“Melalui ‘Pertunjukan Berhati: Memomemoria’, pendengar bisa merasakan semua tekstur, tidak hanya audio, tapi juga para penampil dan keterlibatan penonton itu sendiri, sehingga seluruh tekstur terasa. Para penonton akan pulang dengan interpretasi dan perasaannya masing-masing, sesuai dengan pemilihan Rorschach sebagai logo Memomemoria yang menyerahkan interpretasi dan perspektif sebagai milik para penontonnya.”

Bicara soal inspirasi, Sal Priadi mengatakan, pertunjukan dengan konsep seperti ini mungkin sudah cukup banyak. Meski begitu, Sal Priadi menegaskan jika pertunjukan ini merupakan sebuah proses dari seluruh rangkuman yang telah ia lewati.

"Pertunjukan Berhati: Memomemoria" Sal Priadi libatkan penonton dan suguhkan panggung di setiap sisi (ISTIMEWA)

“Semua cerita yang kita tangkap, cerita aku pribadi, cerita teman-teman, dan semua feedback dari teman-teman yang dengerin (album Berhati), ini waktunya kita merayakan albumku,” kata Sal Priadi.

“Dari awal aku niatnya memang ingin buat pertunjukan, cuman aku belum tahu akan seperti apa. Namun, seperti panggung bisa di mana saja dan keterlibatan penonton, itu hal pertama yang sudah terbesit.”

Sal Priadi juga mengungkapkan jika “Pertunjukan Berhati: Memomemoria” memiliki banyak referensi inspirasi, sebuah rangkuman dari apa yang Sal Priadi lihat dan rasakan sejak album Berhati dirilis hingga saat ini.

Pertunjukan ini juga didukung oleh Siko Setyanto sebagai koreografer dan juga para aktor, yaitu Syanindita Prameswari, Bartolomeus Ksatria Putra, Agra Piliang, Nudiandra Sarasvati, Ravi Septrian, Fannya Franklin, dan Abu Hasan Lobubun.

Salah satu aktor pertunjukan, Agra Piliang mengatakan kepada Prambors bagaimana perasaannya bisa ikut terlibat di pertunjukan ini.

“Cast-nya sangat menyatu satu sama lain, bahkan hingga hari pertunjukan masih banyak koreo yang kita ubah. Tapi energinya blend banget!” Ujar Agra kepada Prambors pada Jumat, (04/08/2023).

“Kebetulan aku dari ranah film dan pertunjukan ini merupakan yang pertama kali bagi aku. Panggung ini, bikin aku gabisa berkata apa-apa. So amazing dan something new yang membuat aku ingin mendalami teater lebih dalam. So grateful,” tambahnya.

Saat ini, tiket “Pertunjukan Berhati: Memomemoria” sudah habis terjual. Meski begitu, Sal Priadi sempat menambah kuota untuk tiket kategori Black beberapa saat lalu. Kawula Muda bisa mengakses informasi lebih lanjut melalui Instagram @pertunjukanberhati.

“Pertunjukan Berhati: Memomemoria” merupakan kolaborasi yang melibatkan banyak pihak seperti (p), KawanKawan Media, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, .this/PLAY, Northstar Entertainment, Perum Produksi Film Negara, Indonesiana TV, IM3 Collabonation, serta didukung banyak pihak lainnya.

Kudos, Sal Priadi and team!

Berita Lainnya