SEVENTEEN dan NewJeans Menangkan Penghargaan Utama di Golden Disc Awards ke-38

Siapa kemaren nonton GDA ke-38 juga Kawula Muda?

SEVENTEEN memenangkan penghargaan di Golden Disc Awards ke-38 (Nice Entertainment)
Mon, 08 Jan 2024

Golden Disc Awards (GDA) ke-38 sukses digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, (06/012024) kemarin, Kawula Muda. Acara penghargaan musik Korea Selatan ini mengumumkan para pemenang dari tiga kategori utama, yaitu 'Digital Song Division Bonsang', 'Album Division Bonsang', dan 'Rookie Artist of the Year'.

NewJeans yang baru pertama kali ke Indonesia, langsung menyabet gelar 'Song of the Year Daesang' atau hadiah utama untuk lagu ‘Ditto’. Sedangkan SEVENTEEN yang hadir dengan 12 anggota tanpa Jeonghan, diumumkan sebagai pemenang 'Album of the Year Daesang' untuk album ‘FML’.

NewJeans, yang mengumumkan peluncuran pendatang baru global dengan memenangkan Penghargaan Pendatang Baru dan Penghargaan Utama di Golden Disc ke-37 lalu, kemudian menjadi pemenang Penghargaan Utama dalam waktu hanya satu tahun. Hits andalan mereka, yakni 'Ditto' yang dirilis Januari tahun lalu menjadi mega-hits di seluruh dunia, menyebabkan sensasi dan menjadi pemenang Penghargaan Utama tanpa persaingan. Peningkatan mereka yang cukup signifikan dalam dua tahun telah membuat orang lebih penasaran tentang langkah mereka selanjutnya.

Sementara itu, SEVENTEEN dengan mini-album kesepuluh mereka 'FML' yang dirilis tahun lalu, mencatat penjualan lebih dari 6 juta kopi.

GDA 2024 seakan menjadi tahunnya SEVENTEEN, setelah kurang lebih 10 tahun, tahun ini mereka menjadi pemenang triple crown, termasuk Album Tahun Ini, Lagu Digital Tahun Ini, dan Penghargaan Utama. Termasuk penghargaan grup unit BSS, mereka adalah pemenang empat kali.

Selanjutnya, aespa, ENHYPEN, IVE, LE SSERAFIM, NCT DREAM, Stray Kids, SEVENTEEN, Jungkook, Zerobaseone, TOMORROW X TOGETHER menerima penghargaan Best Album Tahun Ini. Sementara (G)I-DLE, IVE, LE SSERAFIM, NewJeans, STAYC, Parc Jae-jung, BSS, SEVENTEEN, Jungkook, Jisoo menerima 'Best Digital Song' Tahun Ini.

Pendatang baru, ZEROBASEONE memenangkan gelar 'Rookie Artist of the Year', penghargaan tersebut dianggap layak, karena album debut mereka sudah menjual lebih dari 2 juta kopi. Pemenang 'Rookie Artist of the Year' yang lain ialah FIFTY FIFTY, girl group yang beranggotakan Keena, Aran, Sio, dan Saena ini sukses memenangkan penghargaan tersebut berkat hits mereka, yakni ‘Cupid’.

Sementara itu, Stray Kids membuktikan kemungkinan tak terbatas K-pop dengan pencapaian musikalnya. wajar bila mereka memenangkan gelar 'Global K-Pop Artist' pada GDA ke-38 kemarin.

Selanjutnya, penghargaan pada kategori 'Best Producer' dimenangkan oleh Min Hee Jin, kemenangan ini diraihnya lewat lagu 'Super Shy' milik NewJeans.

NewJeans memenangkan penghargaan di Golden Disc Awards ke-38 (Nice Entertainment)

Ada satu lagi penghargaan khusus di Golden Disc Awards 2024 kemarin, Kawula Muda. Kali ini pemenang diberikan berdasarkan vote dari penggemar lewat platform Bugs. Penghargaan tersebut diberi nama 'Bugs Favorite Golden Disc Popular Artist', Lim Young Woong dan Jisoo BLACKPINK keluar sebagai pemenangnya tahun ini, dengan lebih dari 5,5 juta total suara.

Para pemenang Golden Disc Awards ke-38 sendiri dipilih berdasarkan kombinasi evaluasi panel ahli dengan persentase sebesar 40%, kemudian komite eksekutif Golden Disc, jurnalis musik, PD program musik, kritikus musik populer, pejabat perusahaan distribusi domestik, dan data penggunaan musik digital dan penjualan album Circle Chart dengan persentase 60%. Evaluasi didasarkan pada musik dan album yang dirilis dari pertengahan November 2022 hingga awal November 2023, dengan penjualan dihitung hingga akhir November 2023.

Berikut daftar lengkap pemenang Golden Disc Awards 2024:

Digital Song Division Bonsang

Song of the Year Daesang: NewJeans - Ditto

Best Digital Song:

NewJeans - Ditto

LE SSERAFIM - UNFORGIVEN (feat. Nile Rodgers)

IVE - I AM

BSS - Fighting (Feat. Lee Young Ji)

Parc Jae Jung - Let’s say goodbye

SEVENTEEN - Super

STAYC - Teddy Bear

(G)I-DLE - Queencard

Jisoo BLACKPINK - FLOWER

Jungkook BTS - Seven (feat. Latto)

Album Division Bonsang

Album of the Year Daesang: SEVENTEEN - FML

Best Album:

ZEROBASEONE - YOUTH IN THE SHADE

LE SSERAFIM - UNFORGIVEN

IVE - I’VE MINE

ENHYPEN - DARK BLOOD

TXT - The Name Chapter: FREEFALL

Stray Kids - 5-STAR

SEVENTEEN - FML

aespa - MY WORLD

NCT DREAM - ISTJ

Jungkook BTS - GOLDEN

Rookie Artist of the Year

ZEROBASEONE

FIFTY FIFTY

Best Producer: Min Hee Jin - NewJeans

Bugs Favorite Golden Disc Most Popular Artist Award: Lim Young Woong dan Jisoo BLACKPINK

Next Generation: BOYNEXTDOOR

INDONESIA FANS CHOICE with Mandiri: TXT

Berita Lainnya