Warga Korea Kecam Maroon 5 dan Bakal Boikot Konser Gara-Gara Poster Tur Dunia 2022

Kawula Muda, warga Korea menilai gambar poster mirip bendera matahari terbit.

Band pop rock Amerika, Maroon 5. (TWITTER/MAROON 5)
Tue, 05 Jul 2022


Maroon 5 belum lama ini secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menggelar tur dunia yang diberi nama Maroon 5 World Tour 2022. Kota pertama yang akan mereka datangi adalah Quebec City, Kanada.

Setelah itu, mereka akan menyambangi sejumlah kota di berbagai dunia, salah satunya Seoul, Korea Selatan. Konser tersebut rencananya digelar pada 30 November 2022 di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan.

Namun sayang, poster tur dunia Maroon 5 terbaru itu telah menimbulkan kontroversi di Korea Selatan. Bahkan gara-gara poster tersebut, band yang digawangi oleh Adam Levine itu berencana untuk diboikot dan mereka tidak boleh menggelar konser di negara tersebut.

Dari sejumlah poster tur dunia Maroon 5 yang diunggah di media sosial, terlihat desain garis-garis berwarna hitam dan bentuk lingkaran hitam yang berada di tengah. Karena desain ini, warga Korea menilainya sangat mirip dengan bendera matahari terbit milik Jepang.

Korea Selatan memang memiliki sejarah panjang dan menyakitkan sejak dijajah oleh Jepang. Bendera dengan matahari terbit itu kerap dikibarkan oleh Angkatan laut Kekaisaran Jepang ketika mereka menjajah Korea.

Bendera itu seakan mengingatkan kembali warga Korea dengan kekejaman bangsa Jepang. Karena trauma masa lalu, warga Korea sangat sensitif dengan segala hal yang ‘berbau’ bendera matahari terbit.

Maka ketika Maroon 5 memakai poster yang dinilai mirip dengan bendera Jepang, warga Korea bereaksi keras. Mereka pun mengutarakan kekecewaannya dan mengatakan bahwa grup band tersebut tidak menghormati mereka.

“Mengklik untuk melihat apa yang terjadi.. itu PASTI bendera matahari terbit.”

“Ada apa dengan mereka, serius?”

“Jangan pergi menonton mereka. Boikot!”

“Sudah bertahun-tahun sejak mereka terakhir mendapat kecaman karena menggunakan bendera matahari terbit. Kapan mereka akan belajar?”

“Kenapa Maroon 5 malah datang ke Korea? Jadi mereka bisa membatalkan pertunjukan di hari yang sama lagi?”

Ini bukan pertama kalinya grup band itu terlibat kontroversi dengan warga Korea karena bendera matahari terbit.

Pada 2012 lalu, Maroon 5 juga sempat menampilkan bendera matahari terbit dalam video musik One More Night.

Berita Lainnya