10 Raja Terkaya di Dunia, Siapa yang Nomor Satu?, Bagian 2

Hai Kawula Muda, ini dia raja terkaya di dunia!

Raja Thailand, King Maha Vajiralongkorn. (TBS NEWS)
Mon, 19 Oct 2020

Dalam artikiel sebelumnya sudah disebutkan para raja terkaya dunia, tepatnya di urutan ke-10 sampai ke-6, yakni dari Monaco, Maroko, Qatar, Liechtenstein, dan Luksemburg.

Berikut ini adalah para raja terkaya dunia di urutan ke-5 sampai pertama.

5. Emir Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum (Dubai) 

Emir Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum dari Dubai. (TBS NEWS)

  

Nama Wakil Presiden UEA dan Emir Sheikh Dubai, Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dapat dikaitkan dengan perusahaan besar seperti Emirates Airline, The Jumeirah Group, dan DP World.

Dia juga pelopor di balik proyek-proyek besar seperti mengubah Dubai menjadi desa futuritik serta pembangunan Palm Island dan Burj Khalifa.

Diperkirakan, penunggang kuda terlatih dan penyair Arab yang diakui ini memiliki harta kekayaan bersih senilai 14 miliar dolar AS atau sekitar Rp 205,8 triliun.

4. Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan (Abu Dhabi)

Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan dari Abu Dhabi. (TBS NEWS)

 

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dan Emir (Kepala Pemerintahan) Abu Dhabi ini memiliki kekayaan yang berasal dari menjadi ketua Otoritas Investasi Abu Dhabi yang mengelola kelebihan minya UEA. Diperkirakan nilainya adalah setengah triliun dolar AS.

Saudara tirinya juga memiliki saham Manchester City FC dan dilaporkan Sheikh memiliki banyak properti antara lain di London. Namun, ia terkenal karena filantropinya.

Diperkirakan kekayaan bersih yang dimilikinya adalah 18 miliar dolar AS atau sekitar Rp 264,6 triliun.

3. Raja Salman Abdulazis bin Saud (Arab Saudi)

Raja Salman Abdulazis bin Saud dari Arab Saudi. (INSTAGRAM/KING SALMAN)

  

Raja Salman Abdulaziz bin Saud boleh berada di urutan ketiga raja terkaya di dunia. Namun, jika digabung, keluarga Saud Arab Saudi adalah keluarga terkaya di dunia dengan kekayaan lebih dari 1 triliun dolar AS.

Kekayaan mereka diperoleh dari minyak dan investasi. Selain itu, keluarga ini sangat tertutup tentang harta dan kekayaan mereka. Namun, dari rumah, mobil, kapal pesiar, jet pribadi, helikopter, lukisan, dan masih banyak lagi yang lainnya dapat menjadi perkiraan betapa banyak harta yang mereka miliki.

Diperkirakan kekayaan yang dimiliki Raja Salman adalah 18 miliar dolar AS atau sekitar Rp 264,6 triliun.

2. Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei Darussalam)

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam. (TWITTER)

 

Setelah Ratu Elizabeth II, Sultan Hassanal Bolkiah adalah raja dengan masa pemerintahan terlama kedua di dunia. Selain menjadi raja, ia juga seorang Perdana Menteri Brunei yang menjadikannya raja absolut di Brunei.

Kekayaannya dikabarkan berasal dari bisnis ekspor minyak dan gas alam. Ia bahkan tinggal di istana hunian terbesar di dunia yaitu Istana Nurul yang memiliki lebih dari 1.778 kamar.

Sultan juga dikabarkan memiliki lebih dari 600 mobil Rolls Royce. Diperkirakan total kekayaan bersih raja terkaya kedua di dunia ini adalah 28 miliar dolar AS atau sekitar Rp 411,6 triliun.

1. Raja Maha Vajiralongkorn (Thailand)

Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand. (CHINA DAILY)

  

Ini dia raja terkaya di dunia, yakni Raja dari Thailand. Raja Maha Vajiralongkorn, yang mulai bertahta pada 2016 setelah sang ayah mangkat, memiliki lebih dari 16.210 hektar tanah dengan 40.000 kontrak sewa nasional termasuk 17.000 di antaranya berada di ibu kota, Bangkok.

Kekayaan Raja berusia 67 ini diurus oleh Biro Properti Mahkota. Ia juga memiliki banyak saham di Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank. Tak sampai di situ, raja Negeri Gajah Putih ini juga memegang kepemilikan Golden Jubilee Diamond yang merupakan berlian potong dan segi terbesar di dunia.

Diperkirakan kekayaan bersih sang raja adalah 43 miliar dolar AS atau sekitar Rp 632,1 triliun.

Berita Lainnya