The 1975 Harus Membayar Rp 40 Miliar ke Promotor Future Sound Asia Malaysia

Future Sound Asia resmi menuntut The 1975 atas kerugian finansial dan pelanggaran perjanjian kontrak

The 1975 (INSTAGRAM/the1975)
Wed, 09 Aug 2023


Band asal Inggris, The 1975 dituntut oleh Future Sound Asia untuk membayar kerugian atas Good Vibes Festival sebesar 12,3 juta RM atau sekitar Rp 40 miliar hanya dalam waktu tujuh hari, akibat ulah sang vokalis, Matty Healy di atas panggung.

Tuntutan yang dilakukan oleh Future Sound Asia melalui surat pernyataan menggugat The 1975, dirilis pada Senin (07/08/2023) merupakan buntut dari kontroversi Matty Healy dalam merusak drone, meludah di panggung, melakukan adegan berciuman dengan rekannya, Ross MacDonald di depan umun dan mengkritik undang-undang anti-LGBT di Malaysia.

Dilansir dari Malaymail, Diketahui David Mathew dari Steven Thiru dan Sudhar Partnership mengungkapkan bahwa firma tersebut sudah mengirimkan surat tuntutan kepada The 1975 per Senin (07/08/2023).

Dalam surat tuntutan Future Sound Asia yang terbit dan dikirimkan kepada The 1975 tersebut meminta The 1975 mengakui tanggung jawab mereka dan diharuskan membayar kerugian finansial sebesar kurang lebih Rp 40 miliar dalam waktu tujuh hari.

Press Statement Future Sound Asia Kasus Matty Haely (THE RAKYAT POST)

 

Surat tuntutan itu ditulis sesuai dengan ketentuan English Practice Direction Pre-Action Conduct and Protocol yang merupakan bagian dari English Civil Procedure Rules.

Selain itu, tuntutan itu dibuat akibat tindakan band The 1975 itu sangat jelas melanggar kontraknya dengan Future Sound Asia terkait untuk mematuhi semua pedoman dan peraturan lokal selama manggung di Good Vibes Festival.

Akibatnya, Festival musik Good Vibes Festival akhirnya harus dibatalkan untuk hari kedua dan ketiga, yakni hari ini, Sabtu (22/07/2023) dan Minggu (23/07/2023) sehingga menghasilkan kerugian pada pihak penyelenggara dan promotor secara finansial pada sisa acara festival musik seperti, imbas pengembalian dana (refund) dari tiket pada penonton yang merasa tidak puas karena pembatalan sisa hari festival tersebut.

Wan Alman selaku Direksi Future Sound Asia, promotor dari Good Vibes Festival juga sempat mengungkapkan pertimbangan dalam pengambilan tindakan hukum terhadap band The 1975 yang menyebabkan kerugian promotor. 

Berita Lainnya