5 Warga di Legian Dievakuasi Hingga Sejumlah Rumah di Kecamatan Terendam Akibat Banjir Bali

Kayaknya Indonesia sudah memasuki musim hujan terus menerus nih, Kawulah Muda!

Evakuasi Banjir Kuta-Bali (Tirto)
Tue, 07 Dec 2021

Satu keluarga yang terdiri dari 5 orang terjebak banjir di tempat tinggalnya di kawasan Desa Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Salah satu anggota keluarga tersebut ialah bayi perempuan berusia 10 bulan. 

Mereka berlima akhirnya dievakuasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) bersama tim search and rescue (SAR) gabungan. Basarnas Bali menerima laporan tersebut dari Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Legian.

"Informasi kami terima pada pukul 10.25 WITA dari warga Legian, Bapak Puspa Negara," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada kepada wartawan, yang dikutip dari Kompas.com pada Senin (6/12/2021).

Selain bayi tersebut, korban yang terjebak bernama Masrulatu Askiah (21), Ita Puspita Sari (25), A. Rahman (30), dan Yuhadi (21). Lokasi korban terjebak ialah di Jalan Krisna. Tampak banjir sudah setinggi atap rumah atau sekitar 2,5 meter. 

Setelah menerima laporan, pihaknya langsung memberangkatkan 10 orang dari Basarnas Bali. Proses evakuasi dilakukan menggunakan perahu karet melalui akses sungai. Akhirnya seluruh korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 11.40 WITA.

"Seluruh korban banjir yang tadi kita evakuasi dalam keadaan selamat dan menurut informasi mereka mengungsi di rumah kerabatnya," Kata Gede Darmada.

Dampak banjir di Badung

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, Wayan Wirya mengatakan banjir yang terjadi dipicu hujan yang terjadi sejak Minggu malam (5/12/2021).  Banjir yang terjadi dikarenakan meluapnya aliran sungai Tukad Mati di Kuta, Kabupaten Badung.

Menurut Wayan terdapat 8 titik banjir di wilayahnya. Delapan titik itu terdiri atas 7 titik di Kecamatan Kuta dan 1 titik di Kecamatan Kuta Selatan.

Banjir di Kuta (Berita Satu)

 

Titik banjir di Kecamatan Kuta Selatan berada di Jalan Bypass Ngurah Rai, Kelurahan Jimbaran.

Sementara 7 titik di Kecamatan Kuta ialah di Jalan Nakula, Jalan Kunti II Seminyak, Jalan Yudistira Sunset Road, Jalan Tukad Mati, Jalan Dewi Seri, Jalan Campuhan Dewi Sri, dan Jalan Dewi Sri 4.

Selain banjir, wilayah Kabupaten Badung, Bali, mengalami pohon tumbang akibat cuaca ekstrem semalam. Pohon tumbang terjadi di dua titik yakni di Jalan Pantai Munggu Kecamatan Mengwi dan di Desa Subang, Kecamatan Abiansemal.

Berita Lainnya