64% Gen Z Ingin Punya Kerja Sampingan sebagai Konten Kreator

Lo salah satunya, enggak?

Laporan Tren Instagram 2023: Gen Z kerja sampingan jadi konten kreator (FREEPIK)
Fri, 25 Aug 2023


Sebagai salah satu sosial media paling populer saat ini, Instagram menjadi tempat dan wadah bagi Gen Z berekspresi.

Tidak hanya sebagai media untuk berinteraksi, Gen Z juga menjadikan media sosial sebagai alat untuk menghasilkan uang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Instagram lewat The 2023 Instagram Trend Report. Ternyata, Instagram juga memiliki cara ‘mengamati’ Gen Z secara khusus loh, Kawula Muda.

Lewat laporan tersebut, pada 2023 ini Gen Z atau mereka yang lahir antara tahun 1995-2012 banyak memiliki kerja sampingan atau paruh waktu (freelance) sebagai konten kreator.

Banyak Gen Z Kerja Sampingan jadi Konten Kreator di Tahun 2023 (UNSPLASH)

Saat ini, perkembangan sosial media membuat banyak individu terbiasa tampil di depan kamera. Bahkan, konten kreator diketahui menjadi salah satu profesi yang memiliki gaji tinggi.

Laporan yang dibuat oleh Instagram dengan penelitian menyeluruh terhadap pengguna Gen Z di Instagram ini memang menunjukkan jika Gen Z tidak selalu ingin menjadi konten kreator full time.

Namun, 64 persen di antaranya sudah memiliki rencana memonetisasi konten mereka di media sosial dalam waktu dekat.

Riset yang melibatkan 1.200 pengguna media sosial berusia 16-24 tahun dan dilakukan bersama perusahaan riset WGSN menyimpulkan bahwa Gen Z berharap mendapat penghasilan tambahan sebagai konten kreator, Kawula Muda.

Gen Z banyak kerja sampingan jadi konten kreator di tahun 2023 (UNSPLASH)

"Hampir dua per tiga Gen Z berencana memakai media sosial untuk mendapatkan penghasilan pada tahun 2023. Kreator konten bukan hanya untuk full time dan 64 persen pengguna media sosial Gen Z berencana memonetisasi proyek tahun ini," tulis Instagram Trend Report 2023.

Tahun yang dijuluki Instagram sebagai ’tahun kerja sampingan’ ini menunjukkan sebagian besar remaja ingin menghasilkan uang di Instagram.

Khususnya Gen Z yang ingin menghasilkan uang dari minat dan hobi mereka.

Hal ini juga sejalan dengan survei yang dilakukan Adobe, yakni bahwa kreator Gen Z termotivasi untuk membuat konten media sosial bukan hanya karena terlihat menyenangkan, namun juga karena ada peluang untuk menghasilkan uang atau karier dari konten tersebut.

Kawula Muda, lo salah satu yang mulai bikin konten untuk mendapat uang tambahan, tidak?

Berita Lainnya