Ada Apa dengan Rabu Pon, Jaket Biru, dan Reuninya Tiga Sahabat di Resuffle Kabinet Jokowi?

Hai Kawula Muda, jelang tahun baru dengan enam menteri baru, semoga Indonesia kian maju!

Pelantikan enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara. (INSTAGRAM/JOKOWI)
Wed, 23 Dec 2020

Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (23/12/2020), melantik enam menteri baru untuk membantunya dalam kabinet.

Keenam menteri baru tersebut adalah Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), M Lutfi (Menteri Perdagangan), Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), dan Wahyu Sakti Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Ada beberapa kejadian menarik dari momen reshuffle kabinet kali ini, di antaranya adalah Jokowi yang lagi-lagi memilih hari Rabu Pon sebagai waktu pelantikan para menteri baru.

Tak hanya pilihan Rabu Pon, berikut ini adalah beberapa momen unik dan menarik dari reshuffle kabinet Jokowi terbaru ini.

Rabu Pon hari lahir Jokowi

Beberapa waktu sebelum pelantikan, banyak pihak telah memprediksi kalau Presiden Jokowi akan melantik para menteri barunya itu pada Rabu ini yang jatuh pada weton (penanggalan Jawa) Pon.

Pemilihan Rabu Pon kali ini bukanlah yang pertama, reshuffle pada Kabinet Kerja periode 2014-2019 dua kali terjadi pada hari Rabu Pon. Reshuffle pertama dilakukan pada 12 Agustus 2015 dan reshuffle kedua pada 27 Juli 2016.

Rabu Pon merupakan weton atau hari kelahiran Jokowi dalam penanggalan Jawa. Dalam penanggalan masyarakat Jawa, weton merupakan hari istimewa yang bisa menjadi dasar untuk menentukan hari baik atau hari keberuntungan seseorang.

Mengutip dari CNN Indonesia, pengajar Sastra Jawa Universitas Indonesia, Prapto Yuwono mengatakan, pemilihan Rabu Pon untuk reshuffle kabinet kemungkinan berkaitan dengan hari lahir Jokowi, yakni pada Rabu Pon 21 Juni 1961.

Ia juga menilai, pemilihan Rabu Pon kemungkinan masih berkaitan dengan keyakinan agar para menteri yang dipilihnya nanti benar-benar membantu jalannya pemerintahan.

“Hari lahir itu untuk tindakan-tindakan yang menyangkut kekuatan, keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan,” ujar Prapto.

Enam menteri baru tampil kompak dengan jaket biru. (INSTAGRAM/JOKOWI)

  

Jaket biru penuh makna 

Saat diperkenalkan Jokowi, keenam menteri baru tampil kompak mengenakan setelan kemeja putih, celana hitam, dan berjaket biru waterproof.

Ada makna tersendiri dari jaket biru yang dikenakan, yakni menunjukkan bahwa para menteri harus selelu semangat dalam bekerja.

“Warnanya sih keren saja, eye catching, segar, ceria, dan semangat,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin.

Tiga sahabat jadi menteri

Foto masa muda Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan M Lutfi. (INSTAGRAM/ERICK THOHIR)

 

Tak kalah menarik perhatian publik adalah beredarnya foto masa muda Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan M Lutfi.

Dalam Pilpres 2019, Erick Thohir dan M Lutfi berada di kubu Jokowi yang akhirnya kembali terpilih menjadi presiden.

Sementara itu, Sandiaga Uno berada di kubu lawan dengan mencalonkan diri menjadi wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Kini, ketiganya dipersatukan setelah Presiden Jokowi memilih Sandiaga Uno dan M Lutfi masuk dalam kabinet terbarunya.

Ketiganya seolah membuktikan, meskipun sempat berbeda dalam urusan politik, persahabatan yang sudah dijalin sejak muda tetap terjaga.

Erick Thohir dan Sandiaga Uno sudah saling mengenal sejak kecil. Sementara M Lutfi bersahabat dengn Erick Thohir saat menempuh Pendidikan Ekonomi di Purdue University, Amerika Serikat.

Persahabatan mereka pun merambah ke bisnis. Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan M Lutfi membangun Mahaka Group bersama Wishnu Wardhana dan Rosan P. Roeslani.

Dengan bertemunya tiga sahabat ini menjadi Menteri di Kabinet Kerja terbaru Jokowi, publik menyebutnya mereka sedang “reuni”.

Berita Lainnya