Ada Ilustrasi Tak Senonoh di Buku Sekolah China

Jadi viral di media sosial, Kawula Muda!

Warganet permasalahkan ilustrasi buku anak yang dianggap 'tidak senonoh' (GUARDIAN)
Wed, 01 Jun 2022

Kementerian Pendidikan asal China memerintahkan penerbit negara untuk segera memperbaiki buku teks sekolah.

Sebelumnya, buku teks sekolah tersebut viral di media sosial karena memiliki ilustrasi yang dinilai tidak pantas dilihat oleh siswa sekolah. Buku-buku tersebut dilaporkan telah digunakan oleh sekolah dasar di seluruh negeri, mulai dari provinsi Shandong (timur laut) hingga Yunnan (selatan). 

Beberapa warganet keluhkan ilustrasi buku sekolah yang dianggap 'tidak senonoh' (GUARDIAN)

  

Misalnya saja buku matematika yang diterbitkan oleh People’s Education Press. Adapun dalam ilustrasi tersebut, terlihat seorang anak laki-laki yang memegang rok anak perempuan hingga satu anak yang memiliki tato di kaki. Ada pula ilustrasi yang memperlihatkan bendera China yang terbalik. 

Foto itu pun menjadi viral di media sosial China, What’s On Weibo. Unggahan tersebut telah dilihat oleh lebih dari 4 miliar kali dan diramaikan oleh jutaan komentar. 

Seorang warganet mengatakan bahwa ilustrasi tersebut jahat dan mengkhawatirkan. “Departemen pendidikan disusupi oleh Barat, dan buku pelajaran dimanipulasi oleh orang-orang yang telah menyusup ke dalam sistem,” tulisnya. 

Di sisi lain, ada pula yang merasa sedih karena seniman yang lebih berbakat malah tidak dilibatkan untuk pekerjaan tersebut. 

Seorang komentator mengatakan keluhan akan ilustrasi buku tersebut sebenarnya telah diajukan satu dekade sebelumnya, tetapi belum mendapat perhatian hingga viral kali ini. 

“Intinya, masih belum ada yang bertanggung jawab,” tulis komentar tersebut. “Ini adalah penghancuran budaya negara, terlambat penanganannya,” tambahnya. 

Menanggapi proses tersebut, Kementerian Pendidikan China mengatakan akan segera meluncurkan tinjauan sebuah buku teks sekolah dasar dan menengah. Fokusnya adalah pada konten dan ilustrasi. 

“Untuk memastikan bahwa buku teks mematuhi arah politik dan orientasi nilai yang benar, mempromosikan keunggulan budaya Tiongkok, dan sesuai dengan kebiasaan masyarakat,” tambahnya. 

Berita Lainnya