Apa Bedanya Gen Z dengan Generasi Milenial?

Jangan salah sebut mulu ya, Kawula Muda!

Ilustrasi anak muda (UNSPLASH/HELENA-LOPES)
Fri, 22 Jul 2022


Sebutan ‘Milenial’ yang merujuk kepada anak muda rasa-rasanya akrab didengar. Padahal, tidak semua anak muda adalah Milenial, loh Kawula Muda!

Mengutip laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, memang terdapat penggolongan generasi

via GIPHY

Pertama, ada generasi Baby Boomer yang mencangkup masyarakat yang lahir pada tahun 1946-1964 sehingga pada 2022 akan berusia 58 hingga 76 tahun.

Kedua, generasi X adalah masyarakat yang lahir pada tahun 1965 hingga 1980 sehingga pada 2022 diperkirakan berusia 42 hingga 57 tahun. Ketiga, generasi Y atau Milenial yakni mereka yang lahir pada tahun 1981 hingga 1996 sehingga pada 2022 berusia 26 hingga 41 tahun. 

Keempat, generasi Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012 sehingga pada 2022 diperkirakan berusia 10 hingga 24 tahun. Kelima, generasi Post Gen Z atau Alpha yakni mereka yang lahir pada 2013 hingga sekarang sehingga diperkirakan berusia kurang dari 9 tahun.                 

Bila diperhatikan, mereka yang termasuk ke dalam milenial adalah para anggota generasi Y, bukan generasi Z apalagi Alpha. Karena itu, jangan salah untuk menyebut anak muda di bawah usia 26 tahun sebagai milenial ya, Kawula Muda!

Sementara itu, selain usia, sebenarnya terdapat perbedaan besar antara generasi milenial dengan Gen Z. Hal tersebut terkait dengan bagaimana mereka mengenal dan berinteraksi dengan teknologi. 

Generasi Y memang disebut telah memiliki keakraban tersendiri dengan internet. Karena itu, generasi milenial sebenarnya juga dikenal dengan sebutan ‘digital native’. 

Sedari kecil, mereka tumbuh dengan teknologi dan internet. Terlebih lagi, pada tahun 1980, generasi ini berkenalan dengan komputer pribadi pertama. 

Namun, generasi Z bukan hanya telah mengenal teknologi sedari kecil, melainkan juga internet. Generasi inilah yang memprakarsai era hidup bersama internet, ponsel, hingga komputer. 

Karena itu, jangan salah lagi ya, Kawula Muda! Tidak semua anak muda kini bisa dikategorikan sebagai generasi milenial, melainkan ada pula yang merupakan gen Z. 

Berita Lainnya