Apa Penyebab Suhu Bandung Dingin Mencapai 15 Derajat Celsius?

Fenomena langka yang terjadi di Bandung, nih!

Apa penyebab suhu di Bandung saat ini lebih dingin hingga capai 15 derajat Celsius? (UNSPLASH)
Thu, 20 Jul 2023

Kota Bandung saat ini mengalami fenomena cuaca yang jarang terjadi, yakni suhu dingin hingga mencapai 15 derajat Celsius.

Kepala Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Teguh Rahayu mengatakan suhu ini memang terjadi pada Juli sampai Agustus nanti.

Teguh Rahayu mengatakan, suhu udara minimum mengalami perubahan dengan mencapai 17 derajat Celsius. Nilai suhu normal pada bulan Juli mencapai 18,2 derajat Celsius dan di bulan Agustus diperkirakan mencapai 17,5 derajat Celsius. Bahkan di Bandung Barat, suhu terendah sempat mencapai 15,4 derajat Celsius.

"Suhu dingin ekstrem memang cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau, yakni pada malam hari. Saat musim kemarau, pada siang hari, terik sinar matahari maksimal karena tidak ada tutupan awan. Akibatnya permukaan bumi menerima radiasi yang maksimal," kata Rahayu, dalam laman Detik.

Sejak lima hari terakhir suhu di Kota Bandung sampai Lembang sangat bervariatif. Wilayah Lembang justru terlihat mengalami peningkatan suhu dingin yang melebih Kota Bandung.

Menurut keterangan BMKG, suhu di Bandung terendah mencapai 17 derajat Celsius pada 18 Juli 2023, 20 derajat Celsius pada 16 Juli 2023. Sementara itu, di Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), suhu terendah di angka 15,4 derajat Celsius.

Suhu dingin ekstrem cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau, terutama di malam hari. Pada siang hari, terik matahari maksimal tidak tertutupi awan. Akibatnya, permukaan bumi menerima radiasi yang maksimal.

Faktor lainnya juga dapat terjadi akibat suhu dingin di Bandung. Menurut Rahayu, adanya musim dingin di wilayah Australia. Ada pola tekanan udara yang relatif tinggi di Australia dan menyebabkan pergerakan masa udara dingin menuju Indonesia, atau lebih dikenal dengan angin monsun Australia.

Walau demikian, Rahayu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dengan adanya fenomena ini. Pasalnya, suhu dingin di Bandung adalah wajar terjadi di wilayah Indonesia.

Namun, tetap dihimbau untuk menggunakan jaket dan atau selimut di malam hari dan selalu menjaga stamina tubuh sehingga terhindar dari berbagai potensi penyakit.

Berita Lainnya