Daftar Wilayah Suhu Terpanas di Indonesia, Ciputat Capai 37,2 Celsius

Warga Ciputat, setuju enggak?

BMKG sebut Ciputat jadi wilayah paling panas di Indonesia (ISTOCK)
Wed, 26 Apr 2023


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat daftar wilayah suhu terpanas di Indonesia. Berdasarkan catatan, wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, menjadi daerah di Indonesia yang paling panas.

Ciputat memiliki suhu maksimum harian tertinggi pada 17 April 2023 yakni sebesar 37,2 derajat Celsius, nih Kawula Muda.

Fenomena alam tersebut sejalan dengan gelombang panas yang terjadi di Asia. BMKG menyebut setidaknya ada 5 hal yang membuat suhu di Indonesia lebih panas dari biasanya.

BMKG mengatakan penyebab pertama suhu panas di Indonesia ialah dinamika atmosfer yang tidak biasa. Kemudian, gelombang panas di wilayah Asia juga menjadi faktor penyebabnya,

BMKG sebut Ciputat jadi wilayah paling panas di Indonesia (ISTOCK)

"Suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologi dipengaruhi oleh gerak semu matahari, lonjakan panas tahun 2023 terparah," ujar BMKG di Instagram.

Selain itu, di beberapa negara di Asia saat ini sedang mengalami "heatwave" atau gelombang panas. “Hal ini tak biasa terjadi sehingga menjadi perbincangan hangat dunia terkini," dikutip dari unggahan resmi BMKG pada Selasa, 25 April 2023.

Penyebab lain, kata BMKG, ialah tren pemanasan global dan perubahan iklim. Selanjutnya adalah dominasi monsun Australia atau dengan kata lain Indonesia memasuki musim kemarau.

Penyebab terakhir, yakni maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. Ciputat, Tangerang Selatan menjadi wilayah dengan suhu paling panas di Indonesia dengan mencapai 37,2 derajat Celsius.

Daftar Wilayah Suhu Terpanas di Indonesia

Berdasarkan pantauan BMKG, berikut adalah daftar wilayah suhu terpanas di Indonesia:

- Stasiun Meteorologi Pangsuma, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat - 36,6 derajat Celsius pada 18 April 2023

- Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat - 36,5 derajat Celsius pada 18 April 2023

- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Medan, Sumatera Utara - 36,5 derajat Celsius pada 15 April 2023

- Stasiun Meteorologi Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat - 36,3 derajat Celsius pada 18 April 2023

- Stasiun Meteorologi Tarempa, Kepulauan Anambas, Kepri - 36,2 derajat Celsius pada 16 April 2023

- Stasiun Geofisika Deli Serdang, Sumatera Utara - 36,2 derajat Celsius pada 15 April 2023

- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II, Ciputat, Tangerang Selatan - 36,2 derajat Celsius pada 15 April 2023

- Stasiun Klimatologi Banten - 36,0 derajat Celsius pada 17 April 2023

- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II, Ciputat, Tangerang Selatan - 36,0 derajat Celsius pada 16 April 2023

Berita Lainnya