Bank Indonesia Luncurkan Fitur Baru QRIS Bisa Transfer, Tarik hingga Setor Tunai

Apa saja fitur baru QRIS?

Ilustrasi seseorang yang menggunakan QRIS untuk melakukan transaksi pembayaran (TWITTER/BANK INDONESIA)
Fri, 18 Aug 2023

Bank Indonesia (BI), secara resmi telah meluncurkan fitur baru pada QR Standar Indonesia (QRIS) bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 pada Kamis, (17/08/2023).

Dilansir dari Kumparan, fitur yang diluncurkan secara resmi oleh BI kini masyarakat bisa melakukan transfer, setor tunai hingga tarik tunai hanya dengan menggunakan QRIS.

Perry Warjiyo selaku Gubernur BI mengungkapkan bahwa peluncuran fitur baru QRIS telah tuntas dan menjadi kado ulang tahun Indonesia ke-78 sebagai wujud komitmen Bank Indonesia digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia.

“Yang kita hadiahkan hari ini QRIS Tuntas. Untuk tarik tunai, transfer, dan juga untuk setor," ujar Perry dalam pidatonya.

Dilansir dari Finansial, peluncuran fitur baru QRIS ini juga sebagai implementasi bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang dapat dimulai dari 1 September 2023 dan paling lambat pada 30 November 2023, tergantung dari kesiapan lembaganya.

“Kami dan industri hadiahkan kemerdekaan Indonesia dengan QRIS tuntas. Ini akan memperluas layanan dan jangkauan QRIS, untuk masyarakat yang punya akun bahkan untuk masyarakat yang tidak punya akun," ucap Perry.

Ilustrasi Tarik Tunai (PIXABAY/butze)

 

Terdapat tiga manfaat dari penerapan fitur baru QRIS sebagai berikut:

1. Layanan baru ini mampu meningkatkan kualitas sistem pembayaran digital.

2. memungkinkan pengoptimalisasian source of fund, karena dana yang digunakan tidak hanya berasal dari simpanan tapi juga bersumber dari uang elektronik yang mampu meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas.

3. Meningkatkan inklusi keuangan, dengan penggunaan fitur baru QRIS dapat dilakukan di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) selama terdapat merchant QRIS.

Bank Sentra pun juga yakin dengan adanya pengembangan fitur baru tersebut, QRIS akan menjadi solusi yang praktis dan efisien dalam melakukan berbagai kegiatan bertransaksi keuangan.

Ada pun biaya transaksi dari fitur baru QRIS, transfer, tarik tunai dan setor tunai sebagai berikut.

1. QRIS Transfer: Rp 2.500 per transaksi.

2. QRIS Tarik Tunai: Gratis untuk transaksi via ATM dan Rp 6.500 per transaksi on us via agen atau antar PJP.

3. QRIS Setor Tunai: Rp 5.000 per transaksi baik via ATM maupun via agen atau antar PJP.

Kawula Muda, kita sudah diberikan akses kemudahan dalam bertransaksi terkait keuangan, lo tertarik untuk mencoba fitur baru QRIS?

Berita Lainnya