Beda dari Anak Pejabat Lain, Rafdi Putra Wakil Wali Kota Tidore Bangga jadi Kuli Bangunan

Katanya, Rafdi sama sekali enggak minta apa-apa ke ayahnya.

Rafdi Maradjabessy Putra Walikota Tidore, Muhammad Senin berprofesi sebagai kuli bangunan (ERA.ID)
Wed, 01 Mar 2023


Rafdi Maradjabessy, anak dari Wakil Wali Kota Tidore Muhammad Senin mengatakan menjalankan kehidupan yang berbeda seperti anak pejabat lainnya yang hidup mewah. Rafdi memilih untuk menjadi kuli bangunan, Kawula Muda.

Anak ketiga dari lima bersaudara ini pernah viral pada 2019 silam. Dalam sebuah foto yang beredar di media sosial saat itu, Rafdi sedang menggunakan sekop untuk mengerok pasir dan mengenakan baju berwarna abu-abu.

Penampilannya juga terlihat lusuh dengan celana sobek-sobek serta kaki dipenuhi dengan cipratan semen. Namun, senyum bahagia pun terpancar dari wajah Rafdi.

Ternyata, profesi Rafdi sebagai kuli ini juga didukung oleh sang ayah, Muhammad Senin. Melansir dari laman Kumparan, Rabu (01/03/2023), Muhammad Senin memberitahu kepada Rafdi, bahwa bukan berarti ayahnya yang seorang pejabat negara, anaknya tidak ada usaha untuk hidup mandiri.

Rafdi Maradjabessy Putra Walikota Tidore, Muhammad Senin berprofesi sebagai kuli bangunan (ERA.ID)

"Saya bilang ke mereka, pejabat ini kan milik orang banyak. Wakil wali kota itu Ayah, bukan kalian (anak), jadi kalian harus contoh kayak ayah masa lalu. Hidup itu butuh kerja keras untuk bisa sukses," terangnya.

Dia juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh anaknya itu tak seberapa dengan perjuangan Muhammad Senin sewaktu dulu.

"Anak-anak saya belum seberapa. Saya dulu harus bekerja keras karena ditinggal ayah sejak SD. Saya sejak saat itu harus bekerja keras agar bisa sukses," tuturnya, mengutip laman Era.

Rafdi sendiri mengaku tidak ingin memanfaatkan posisi ayahnya untuk mendapat kemudahan.

Sang Ayah Sering Mengunjungi Rafdi di Tempat Kerja

Rafdi Maradjabessy pernah bercerita jika ayahnya tidak marah atau melarang profesi kuli bangunan. Justru Muhammad Senin sering mengunjungi Rafdi di tempat kerjanya, atau sekadar menelepon bertanya tentang keadaannya.

"Sebe (ayah) sering ke tempat kerja saya, biasanya di hari libur kerja. Kalau tidak datang, biasanya telepon menanyakan apakah hari ini kerja atau tidak," katanya, dilansir dari laman Kompas.

Kepada teman dan pengawas kuli pun, Rafdi meminta agar diperlakukan sama seperti teman-teman kuli yang lainnya.

Untuk upah yang ia dapatkan, Rafdi mengatakan tidak bisa menghitung berapa banyak pendapatan yang didapat. Pasalnya, upah tersebut berdasarkan besaran proyek atau bangunan.

“Kalau misalkan pekerjaan bangunan sudah selesai dan belum ada pekerjaan baru, saya isi dengan ikut perahu pergi memancing. Kadang berhari-hari baru pulang,” kata Rafdi.

Rafdi Hidup Bahagia dan Sederhana hingga saat Ini

Rafdi Maradjabessy Putra Walikota Tidore, Muhammad Senin berprofesi sebagai kuli bangunan (INSTAGRAM/mrafdiradjabessy))

Menjalani profesi sebagai kuli bangunan, info kini tentang Rafdi ia baik-baik saja. Rafdi telah berkeluarga dan hidup bahagia dengan istrinya dan seorang buah hati laki-laki.

Sama halnya dengan Muhammad Senin, istri Rafdi pun selalu mendukung pekerjaan suaminya. Dia juga menyebut kalau Rafdi tidak ingin apa pun dari hasil orang tuanya.

"Saya sebagai istri, saya mendukung pekerjaan suami saya meski dia bekerja sebagai buruh. Dia tidak pernah mengharapkan hasil kerja dari orang tua. 

Dia itu bekerja keras supaya bisa menghidupi anak dan istrinya," terang istrinya yang bernama Sri, saat diundang dalam salah satu acara, dikutip dari kanal YouTube Talk Show tvOne.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @mrafdiradjabessy, ia kerap menunjukkan kehidupannya bersama sang istri dan anaknya. Rafdi juga menunjukkan momen bahagia saat pergi ke pantai bareng keluarga.

Salut sama Rafdi, semoga selalu sukses, ya!

Berita Lainnya