Heboh Banyak Penjualan Moge Bekas di E-Commerce, Punya Pejabat Pajak?

Pas banget saat Sri Mulyani bilang untuk bubarkan moge.

Beberapa motor gede (moge) yang dijual di e-commerce OLX yang diduga milik pejabat pajak (OLX.COM)
Tue, 28 Feb 2023


Penjualan motor gede (moge) bekas banyak terjual di salah satu platform e-commerce Indonesia, OLX, sejak Sri Mulyani bubarkan klub motor milik pejabat dirjen pajak. Terpantau dari Senin (27/2/2023) moge merk Harley Davidson terpampang dalam platform jual beli.

Berdasarkan pantauan tim Prambors, Selasa (28/02/2023) di situs OLX, ada yang menjual Harley-Davidson dengan harga bekas mencapai Rp 625 juta. Ada pula Harley-Davidson Roadking Police 2013 yang dijual Rp 620 juta.

Harley-Davidson Fat Boy 114 keluaran 2020 pun ada dengan harga Rp 725 juta, dan Harley-Davidson Ultra Limited tahun 2012 yang dijual Rp 520 juta. Lalu ada Harley-Davidson 48 Sportster 2014 senilai, sampai Harley-Davidson Ultra Limited 2020 senilai Rp 625 juta.

Fenomena ini terjadi pasca kritikan dan perintah dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang mengatakan agar komunitas moge pejabat dibubarkan. 

Dia menyorot kepada komunitas BlastingRijder yang diisi oleh pejabat-pejabat dari pajak Kemenkeu. Salah satunya contoh yang disebut oleh Sri Mulyani adalah Dirjen Pajak Suryo Utomo yang mengendarai moge bersama klub BlastingRijder.

Beberapa motor gede (moge) yang dijual di e-commerce OLX yang diduga milik pejabat pajak (OLX.COM)

 

"Meminta agar klub BlastingRijder DJP dibubarkan. Hobi dan gaya hidup mengendarai Moge-menimbulkan persepsi negatif masyarakat dan menimbulkan kecurigaan mengenai sumber kekayaan para pegawai DJP," tulisnya dalam akun Instagram resminya @smindrawati.

Sri Mulyani juga mengatakan, walaupun moge tersebut diperoleh dan dibeli dengan gaji resmi atau uang halal, mengendarai serta memamerkan moge bagi pejabat atau pegawai pajak Kementerian Keuangan telah melanggar asas kepatuhan dan kepantasan publik.

Uniknya, setelah pemberitaan itu, sejumlah moge mulai muncul untuk di jual dalam waktu yang bersamaan, Kawula Muda.

Sayangnya, memang belum diketahui siapa yang memasarkan untuk menjual moge bekas ini, dan apakah ada sangkut paut dengan pejabat pajak atau tidak.

Kalau menurut lo gimana?

Berita Lainnya