Bisa Dipakai di 4 Negara, Apa itu QRIS dan Bagaimana Cara Menggunakannya!

Kawula Muda, masih ada yang enggak tahu pakai QRIS?

Ilustrasi Qris (INSTAGRAM/BANK INDONESIA)
Tue, 30 Aug 2022


Pemerintah mengumumkan bahwa QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standart, sudah bisa digunakan di 4 negara yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Pada 29 Agustus 2022, Presiden Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenalkan sistem pembayaran QRIS antarnegara dalam acara Launcing Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Internasional.

Pada Mei 2022, lima gubernur bank sentral dari lima negara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina telah bertemu untuk menghubungkan sistem pembayaran antarnegara.

Penggunaan QRIS internasional sudah dapat digunakan di Thailand mulai Senin, 29 Agustus 2022. Sementara, di Filipina, Malaysia, dan Singapura masih menunggu jadwal berikutnya.

Walaupun saat ini baru negara-negara ASEAN yang menjadi sasaran, tidak menutup kemungkinan Pemerintah Indonesia juga akan menyasar negara lainnya.

Apa itu QRIS?

Mungkin buat sebagian masyarakat Indonesia, nama QRIS masih terdengar asing. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standart merupakan standar kode QR nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sejak 17 Agustus 2019.

QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan kode QR.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan BI agar proses transaksi dengan kode QR bisa lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Kode QRIS saat ini banyak digunakan oleh sejumlah merchant sehingga konsumen tidak perlu lagi melakukan transaksi dengan uang tunai.

Konsumen hanya perlu memakai aplikasi dompet elektronik ataupun mobile banking. E-wallet yang memfasilitasi pemakaian QRIS antara lain adalah DANA, OVO, GoPay, ShopeePay, dan juga LinkAja.

Bagaimana cara menggunakan QRIS?

Untuk menggunakan QRIS sebenarnya sangat mudah. Berikut adalah cara pembayaran menggunakan QRIS:

  1. Unduh aplikasi pembayaran pada ponsel
  2. Lakukan registrasi ke salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP)
  3. Pastikan tersedia saldo untuk melakukan transaksi
  4. Buka aplikasi untuk melakukan scan QRIS pada merchant
  5. Masukkan nominal transaksi
  6. Lakukan otorisasi transaksi
  7. Konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang atau jasa

Hingga saat ini, tidak ada biaya tambahan bagi konsumen saat melakukan pembayaran melalui QRIS. Gampang banget kan, Kawula Muda pakai QRIS!


Berita Lainnya