Citayam Fashion Week jadi Tren Terpopuler Google Year in Search 2022

Ada yang sering lo cari gak, Kawula Muda?

Google Year in Search 2022 umumkan kata kunci terpopuler di Google Indonesia tahun ini (PRAMBORS/HELEN)
Fri, 16 Dec 2022


Google Year in Search 2022 baru saja merilis daftar kata kunci terpopuler di tahun ini. Adapun Citayam Fashion Week menjadi kata kunci yang paling banyak dicari lewat Google tahun ini. 

Citayam Fashion Week merupakan salah satu fenomena fesyen populer di Indonesia. Layaknya Paris Fashion Week, peragaan busana tersebut memperlihatkan para ‘model’ yang berjalan di zebra cross kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. 

Citayam Fashion Week (KOMPAS)

  

Viral di media sosial, pada awalnya Citayam Fashion Week ramai dibicarakan karena banyaknya remaja-remaja yang diwawancara pada sebuah video. Mereka terlihat mengenakan busana khas yang nyentrik sehingga menarik perhatian. Hal itulah yang menjadi asal usul penyematan ‘fashion week’.

Di sisi lain, Citayam merupakan salah satu nama desa di Kecamatan Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat. Walau tidak berhubungan secara langsung, rupanya para remaja yang datang ke Dukuh Atas tersebut banyak berasal dari wilayah Depok, Citayam, dan Bojonggede. Karena itulah, istilah Citayam turut disematkan sebagai nama fenomena tersebut, Kawula Muda! 

Salah satu sosok fashion week tersebut, Jeje Slebew, juga semakin populer di media sosial. Buktinya, ia menjadi kata kunci keenam terpopuler di Google dalam kategori ‘tokoh’. 

Selaian Citayam Fashion Week, berikut kata kunci yang paling banyak dicari lewat Google di Indonesia tahun ini!

G20

KTT G20 Indonesia 2022 (PAJAK.COM)

 

G20 merupakan sebuah forum kerja sama ekonomi internasional. Tahun ini, Konferensi Tingkat Tinggi G20 tersebut dilaksanakan di Bali, tepatnya pada 15 hingga 16 November 2022 lalu. Hal itu seiring dengan Indonesia yang memegang presidency G20 pada tahun ini. 

Gempa Hari Ini

Ilustrasi Gempa Bumi. (SHUTTERSTOCK)

  

Gempa menjadi salah satu peristiwa yang banyak terjadi di tahun ini. Salah satu gempa terbesar yang kerap terjadi di Indonesia adalah gempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Pada 23 November 2022 saja, BMKG mencatat adanya 161 kali gempa susulan yang terjadi di wilayah tersebut. 

Apa Arti Bestie

Ilustrasi persahabatan antar perempuan (UNSPLASH/SIMON MAAGE)

 

Tahun ini, banyak pula pengguna Google yang mencari makna istilah yang populer di media sosial. Salah satu yang paling banyak dicari adalah ‘bestie’ yang berarti teman dekat atau sahabat. 

Hepatitis Akut

Ilustrasi penyakit hepatitis. (ISTOCKPHOTO)

 

Tahun ini, penyakit hepatitis akut ramai terjadi kepada anak-anak. Sejak 5 April 2022, WHO mencatat kejadian ‘misterius’ tersebut banyak menimpa anak-anak dengan usia 11 bulan hingga 5 tahun. Tidak hanya di Eropa dan Amerika, penyakit tersebut juga terjadi di Indonesia. Data kemenkes mencatat terdapat 38 orang yang terkena penyakit tersebut hingga 29 September 2022. 

Selain kelima kata kunci di atas, beberapa kata kunci yang populer adalah BLT BBM, deep talk, love language, gerhana bulan, hingga NFT. Ada yang sering lo cari di Google tahun ini, gak Kawula Muda? 

Berita Lainnya