Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2023, Finlandia Nomor 1

Indonesia peringkat berapa ya HMMMM...

Ilustrasi sekelompok anak muda yang bahagia saat bermain ski di Finlandia (UNSPLASH/ETHAN HU)
Thu, 30 Mar 2023

Finlandia kembali dinobatkan sebagai negara paling bahagia di seluruh dunia. Adapun ini menjadi keenam kalinya negara tersebut duduk di posisi puncak negara terbahagia berturut-turut. 

Laporan itu dikeluarkan oleh PBB dan bertajuk World Happiness Report 2023. Dalam laporan itu, Finlandia mendapat skor 7,804. 

Ilustrasi seseorang yang menemukan kebahagiaan di sore hari Finlandia (UNSPLASH/MIIKKA LUOTIO)

 

Di bawah Finlandia, ada pula Denmark (skor 7,586), Islandia (skor 7,586), Israel (7,473), serta Belanda (7,403). 

Skor itu disusun berdasarkan data dari 137 negara dalam periode tiga tahun. Indeks skor tersebut meliputi enam faktor, yakni tingkat penghasilan, kesehatan, dukungan sosial, memiliki kebebasan untuk membuat keputusan penting dalam hidup, kemurahan hati, dan ketiadaan korupsi.

Di Asia, Singapura memimpin dengan skor 6.584. Negara dengan lambang singa yang ikonis tersebut pun menduduki peringkat ke-25 di dunia. 

Adapun pada daftar tersebut, Indonesia menempati peringkat ke-84 dari 137 negara. Indonesia memiliki skor 5,277 dan tepat berada di atas Afrika Selatan. 

Laporan tersebut turut memuat analisis mengenai ‘koneksi’ dengan kebahagiaan di tujuh negara, yakni Brazil, Mesir, Prancis, Indonesia, India, Meksiko, dan Amerika Serikat. Hasilnya, Indonesia memiliki tingkat kesepian terendah dengan skor 1.624, jauh di bawah India yang memiliki angka kesepian 2.064. 

Walau begitu, Indonesia disebut menyediakan banyak dukungan sosial hingga memiliki skor 3,119 dari skala empat. Skor tersebut sama dengan Mesir berada di atas rata-rata, yakni 3.094.

Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2023

Berikut daftar negara paling bahagia di dunia 2023 menurut laporan dari World Happiness Report.

1. Finlandia 

2. Denmark 

3. Islandia

4. Israel

5. Belanda

6. Swedia

7. Norwegia

8. Swiss

9. Luksemburg

10. Selandia Baru

Di sisi lain, sebagai negara paling bahagia di dunia, Finlandia membuka kesempatan untuk lo yang tertarik belajar cara menjadi bahagia. Merupakan program Masterclass of Happiness, program ini dapat diikuti oleh 10 orang secara gratis, loh Kawula Muda! 

Berita Lainnya