Finlandia Terapkan Masuk Sekolah Lebih Siang untuk Hindari Siswa Stres

Memang banyak diminati sama sama murid-murid lain ya, Kawula Muda? Hehehe.

Finlandia membuat aturan masuk sekolah di siang hari demi menghindari siswa stres (HELSINKI TIMES)
Tue, 07 Mar 2023


Menjadi negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia, membuat Finlandia selalu memprioritaskan siswanya. Apalagi aturan jam masuk sekolah, Kawula Muda.

Jam masuk sekolah kini menjadi sorotan oleh masyarakat Indonesia, usai adanya peraturan baru dari Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) yang membuat siswa di daerahnya masuk pada pukul 05.00 yang kini direvisi jadi 05.30 WITA.

Gubernur NTT, Viktor mengklaim bahwa pukul tersebut adalah tepat karena bisa membuat sumber daya manusia lebih disiplin dan etos kerja yang tinggi.

Bukannya, didukung oleh orang tua siswa, mereka justru memberikan kritik, Kawula Muda. Selain itu, murid, dan warganet juga tidak setuju dengan peraturan baru itu.

Finlandia membuat aturan masuk sekolah di siang hari demi menghindari siswa stres (THE 74)

Sementara itu, Finlandia justru menyebut bahwa masuk sekolah lebih siang bisa mengurangi tekanan dan membuat siswa lebih siap menerima materi.

Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh National Library of Medicine, melansir dari CNN Indonesia, Selasa (07/03/2023), murid yang masuk siang justru membuat mereka sehat.

Biasanya, murid-murid di Finlandia masuk sekolah pukul 09.00-09.45 waktu setempat dan pulang pukul 14.00-14.45 waktu setempat.

Di Finlandia, sekolah menerapkan istirahat 15-20 menit sebelum pergantian kelas yang durasinya maksimal 45 menit. Makanya, siswa di negara itu hanya menjalani beberapa kelas saja dalam sehari.

Peneliti: Masuk Sekolah Terlalu Pagi Banyak Efek Sampingnya

Dalam sebuah penelitian dari PubMed Central US National Library of Medicine (NLM), School Start Times, Sleep, Behavioural, Health, and Academic Outcomes: a Review of the Literature, menyebutkan dampak siswa jika masuk sekolah pagi.

Peneliti membuktikan bahwa kurang tidur bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik siswa yang buruk, masalah perilaku, sampai nilai akademik yang rendah, loh.

Hal tersebut didasari oleh siswa sekolah menengah yang diketahui tidak mendapatkan waktu tidur yang baik. Demikian, peneliti memberikan bukti bahwa menunda waktu mulai sekolah lebih siang dapat meningkatkan durasi tidur siswa di malam hari lebih panjang.

"Waktu mulai sekolah yang lebih siang juga umumnya juga meningkatkan jumlah kehadiran, lebih sedikit anak yang terlambat, lebih sedikit pelajar yang tertidur di kelas, nilai lebih baik, dan lebih sedikit kecelakaan di perjalanan," tulis dalam jurnal tersebut.

Kawula Muda, setuju enggak sama penelitian di atas?

Berita Lainnya