Daftar Negara yang Punya Tradisi Mudik Mirip Indonesia

Kawula Muda, lo mudik kemana kali ini?

Ilustrasi daftar negara yang punya tradisi mudik mirip Indonesia (Unsplash)
Thu, 28 Mar 2024

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia, Kawula Muda.

Biasanya, di setiap negara memiliki tradisi dan kebiasaan unik dalam merayakan Lebaran, termasuk Mudik.

Di Indonesia, istilah tersebut merujuk pada perjalanan kembali ke kampung halaman untuk merayakan bersama keluarga dan kerabat.

Tradisi unik bernama mudik ini rupanya gak hanya ada di Indonesia, Kawula Muda. Beberapa negara di dunia juga memiliki tradisi mudik yang serupa, meski bukan untuk merayakan hari raya Idul Fitri. 

Berikut adalah daftar negara yang memiliki tradisi mudik yang serupa dengan Indonesia:

Malaysia

Ilustrasi mudik di Malaysia (Unsplash)

Negara tetangga Indonesia ini rupanya memiliki tradisi mudik Lebaran yang sangat mirip dengan yang ada di Indonesia, Kawula Muda.

Banyak penduduk Malaysia yang bekerja di kota-kota besar seperti Kuala Lumpur, dan mereka akan kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. 

Tradisi mudik Lebaran di Malaysia dikenal sebagai "balik kampung" dan menjadi fenomena yang sangat terkenal di negara ini, yang membuat jalanan menjadi ramai dan kendaraan penuh dengan orang yang mudik.

China

Ilustrasi mudik di China (Unsplash)

China juga ternyata punya tradisi mudik. Hanya saja tradisi mudik ini dilakukan saat merayakan tahun baru Imlek.

Tradisi yang punya sebutan Chunyun ini juga menjadi salah satu adat mudik terbesar di dunia. Khusus di China, tradisi mudik memang paling banyak saat Imlek dibanding Idul Fitri.

Meski begitu, ada sekitar 18 juta orang China yang memeluk Islam. Sebagian besar pemeluk islam tersebut tinggal di Xinjiang dan Yunnan. Kedua kota pun kerap merayakan Lebaran dengan meriah, dan tak lupa untuk mudik.

India

Ilustrasi mudik di India (Unsplash)

Tradisi mudik Lebaran juga ada di negara India, Kawula Muda.

Tradisi tersebut sangat umum terutama di wilayah-wilayah dengan mayoritas Muslim seperti Uttar Pradesh, Bihar, dan Benggala Barat

Banyak penduduk India yang bekerja di kota-kota besar seperti Mumbai dan Delhi, dan mereka akan pulang ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. 

Di sisi lain, India juga mengenal tradisi Diwali atau ‘Festival of Lights’. Walau tidak dilakukan di masa Lebaran, biasanya para masyarakat India melakukan mudik alias pulang ke kampung halaman. Pada masa ini, mudik pun dilakukan dengan heboh sehingga seluruh transportasi umum akan penuh dan kemacetan memenuhi jalanan.

Turki

Ilustrasi mudik di Turki (Unsplash)

Turki juga jadi salah satu negara yang juga disebut-sebut melakukan mudik. Saat Seker Bayram atau sebutan untuk perayaan Idul Fitri di sana, masyarakat Turki biasanya pulang ke kampung halaman untuk merayakannya, Kawula Muda.

Tujuannya tak lain adalah untuk bersilaturahmi dengan keluarga atau kerabat lainnya serta berziarah. Berziarah di tanah Turki juga dilakukan secara besar-besaran. Ini bisa dilihat dari pasar bunga yang tersebar di beberapa daerah.

Bangladesh

Ilustrasi mudik di Bangladesh (Unsplash)

Bangladesh juga punya tradisi mudik Lebaran yang serupa dengan Indonesia. Banyak penduduk kota di Bangladesh yang bekerja di kota-kota besar seperti Dhaka, dan mereka akan pulang ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. 

Tradisi mudik Lebaran di Bangladesh juga berlangsung dengan ramai loh, Kawula Muda!

Arab Saudi

Ilustrasi mudik di Arab Saudi (Unsplash)

Di Arab Saudi, negara yang merupakan pusat agama Islam, tradisi mudik Lebaran juga sangat populer. Banyak masyarakat Arab Saudi yang memanfaatkan momen Lebaran untuk bertemu dengan keluarga dan teman-teman mereka di kampung. 

Selain itu, anggota keluarga di negara ini juga akan mendekorasi rumah seindah mungkin sesuai dengan suasana Lebaran, Kawula Muda! 

Itulah daftar negara yang juga memiliki tradisi mudik ke kampung halaman, Kawula Muda.

Berita Lainnya