Demo 11 April, Sejumlah Ruas Jalan Jakarta Ditutup Sementara

hindari jalan-jalan ini ya, Kawula Muda

Mobil berpelat 'RF' tidak perlu diberikan prioritas di jalan (UNSPLASH/Adrian Pranata)
Sun, 10 Apr 2022

Pada Senin, 11 April 2022, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menuntut sikap tegas Joko Widodo dalam menolak adanya isu masa jabatan Presiden 3 periode.

Aksi yang akan berpusat di depan Istana Negara tersebut akan berdampak pada arus lalu lintas. Beberapa ruas jalan Jakarta akan ditutup atau dialihkan sementara.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan, penutupan jalan akan dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB.

"Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup pukul 08.30 WIB," ujar Sambodo dalam keterangannya, Minggu (10/4/2022).


Pengalihan arus jalanan sekitar Istana Negara (Twitter/@TMCPoldaMetro)

 

Ada pula ruas-ruas jalan yang terdampak sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan dibelokkan ke kiri Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda.

8. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun di belokan ke kanan Jalan Gajah Mada.

9. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Majapahit akan dibelokkan ke Jalan Tanah Abang II

Meski begitu, pihak kepolisian mengimbau warga untuk tidak mencemaskan demo yang kemungkinan akan besar ini dan tetap beraktivitas seperti biasa.

"Polda Metro Jaya akan menjaga keamanan ibu kota dengan baik. Silakan masyarakat umum untuk beraktivitas seperti biasa," ujar Kombes Endra Zulpan selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya, dikutip dari Suara (10/4/2022).

Berita Lainnya