Dua Singa Lepas dari Kandang Saat Transit di Bandara Changi

Walaupun bikin panik pengunjung bandara, operasional maskapai tetap berjalan seperti biasa, Kawula Muda.

Dua singa (Unsplash/Feline)
Wed, 15 Dec 2021

Pada Minggu (12/12/2021), dua ekor singa yang sedang dikirim ke luar negeri dilaporkan lepas dari kandang saat transit di Bandara Changi, Singapura.

Akibat kejadian singa lepas ini, para pengunjung bandara sempat panik dan terjadi ketegangan antara para petugas. 

Kedua singa itu akhirnya dapat diamankan setelah ditembak dengan menggunakan obat pemenang. Keduanya kini tengah dalam perawatan di Mandai Wildlife Group. 

Maskapai Singapore Airlines yang menangani pengiriman singa itu, telah memanggil tim perawatan hewan karnivora itu untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Melansir dari CNNIndonesia, hingga kini belum diketahui dari negara mana dua singa itu berasal dan kemana mereka akan dikirim. Namun, total ada tujuh singa yang berada dalam penerbangan tersebut. 

Pihak bandara internasional Singapura, SIA, mengatakan bahwa para singa itu terus berada dalam kandang jaring pengaman yang di sekitar kontainer sepanjang waktu.  SIA menyatakan bahwa insiden ini juga tidak mengganggu operasional bandara. 

"Sementara insiden itu sedang diselidiki, prioritas utama adalah kesejahteraan singa. SIA bekerja sama dengan Mandai Wildlife Group, yang mengoperasikan satu-satunya fasilitas satwa liar Singapura yang dilengkapi untuk merawat karnivora besar, " jelas pihak SIA. 

Kandang Singa (Unsplash/Feline)

 

Sementara itu, seorang juru bicara Mandai Wildlife Group mengatakan singa-singa itu perlu dibius agar bisa dibawa ke fasilitas karantina hewan di Mandai. 

"Singa-singa itu sedang dipantau. Mereka akan tetap dalam perawatan kami untuk saat ini dan kami tetap berhubungan dekat dengan SIA mengenai masalah ini," ungkap pihak Mandai Wildlife Group.

Kabarnya ini bukan pertama kalinya seekor binatang secara mengejutkan bebas dari kandangnya di Singapura. 

Pada 2005, seekor jaguar bernama Angel melarikan diri melalui lubang kecil yang digunakan oleh penjaga kebun binatang untuk membuang daging ke dalam kandang. Hal ini menyebabkan sekitar 500 pengunjung dievakuasi dari kebun binatang. Angel dapat ditangkap kembali setelah setengah jam kabur. 

Pada 2019, seekor banteng dari peternakan Lim Chu Kang melarikan diri dari tempatnya dan tetap dalam pelarian setelah lebih dari 14 jam. 

Sementara tahun lalu, seekor kuda putih berotot ditemukan berlari di samping mobil di persimpangan lalu lintas Eng Neo Avenue. Kuda bernama Cocorita itu telah melarikan diri dari Paisano Polo Academy di Turf Club Road dan dibawa kembali ke rumahnya setelah 20 menit kabur.

Berita Lainnya