Dua Trainset LRT Cibubur Tabrakan, Masinis Alami Trauma dan Luka Ringan

Kawula Muda, untungnya tidak ada korban jiwa, ya!

Dua rangkaian kereta LRT tabrakan di kawasan Cibubur. (INSTAGRAM/JKTINFO)
Tue, 26 Oct 2021

Kawula Muda, dua rangkaian kereta atau trainset Light Rail Transit (LRT) dikabarkan tabrakan di jalur layang Cibubur, Jakarta Timur pada Senin (25/10/2021) siang.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun, salah seorang masinis diketahui mengalami luka ringan dan trauma.

Melansir KOMPAS.com, kecelakaan tersebut terjadi pada trainset nomor 20 dan 29 antara Stasiun Ciracas dan Stasiun Harja Mukti atau sekitar Cibubur.

Pada saat itu, LRT tengah menjalani tahap uji coba. Sang masinis pun diketahui bergerak terlalu cepat saat melakukan langsir— pergerakan kereta, gerbong, atau lokomotif untuk berpindah jalur rel.

“Pada saat trainset 29 dari Ciracas itu mau bergabung ke arah Harja Mukti terjadi benturan,” tutur Direktur Utama PT Industri Kereta Api (PT INKA), Budi Noviantoro pada konferensi pers virtual Senin (25/10/2021).

LRT Jabodebek. (Dok. ANTARA)

 

Meski demikian, Budi mengatakan bahwa Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan menyelidiki kepastian penyebab peristiwa tersebut.

“Setelah investigasi selesai, dua kereta itu dibawa lagi ke Madiun untuk diperbaiki,” jelas Budi. Tak hanya itu, PT INKA juga diketahui akan menanggung seluruh biaya kerugian akibat peristiwa yang dialaminya.

Sementara itu, pada kesempatan lain, General Manager Sekretaris Perusahaan PT INKA, Puguh Dwi Tjahjono mengatakan bahwa sang masinis telah dilarikan ke rumah sakit dan menjalani perawatan.

"Kondisi masinis masih trauma dan dalam tahap pemulihan mental,” ungkapnya melansir TribunJakarta.

Semoga bisa segera diketahui penyebab pastinya, ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya