GBK Ditutup, Penonton Konser Coldplay hanya Bisa Jalan Kaki dan Gunakan Transportasi Umum

Totalitas go greennya!

Perkiraan setlist Coldplay Jakarta (BOSTONHERALD)
Wed, 15 Nov 2023

Menjelang konser Coldplay “Music of the Spheres” di Jakarta hari ini (15/11/2023), penonton diminta untuk menggunakan transportasi umum untuk datang ke area Gelora Bung Karno (GBK) sebagai tempat dilaksanakannya konser perdana dari band asal Inggris tersebut.

Melansir dari Detik, Ganda Syahputra selaku humas GBK mengatakan area GBK akan ditutup untuk pengguna kendaraan bermotor dan hanya bisa diakses bagi pejalan kaki saja. Kendaraan pribadi hanya bisa mencapai di pintu luar kompleks GBK.

Stadion Gelora Bung Karno (INSTAGRAM/stadiongelorabungkarno)

 

“Pada hari H nanti Kawasan GBK juga hanya akan bisa diakses untuk pejalan kaki. Jadi untuk yang membawa kendaraan pribadi ataupun pengguna ojek online dan sebagainya hanya akan bisa drop off di pintu luar kawasan," kata Ganda Syahputra kepada wartawan, Selasa (14/11/2023).

Penonton pun diimbau untuk menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan untuk menuju ke venue konser di GBK. Kawasan GBK pun sudah terintegrasi oleh MRT dan Transjakarta, Kawula Muda.

Hal serupa senada dengan apa yang diumumkan oleh pihak band Coldplay langsung melalui akun sosial media band tersebut.

Dengan judul “Green Update”, Coldplay mengingatkan untuk datang ke konser menggunakan transportasi publik terdekat dan lokasi konser juga bisa diakses dengan berjalan kaki. Akan ada pula tempat parkir sepeda di sekitar lokasi konser.

Unggahan Green Update konser Coldplay di Jakarta (Coldplay)

  

Selain itu, botol minum dari bahan bukan metal dan kaca diperbolehkan masuk untuk mengurangi sampah plastik, Kawula Muda.

Konser “Music of the Spheres” ini memang memiliki konsep untuk mengurangi emisi CO2 hingga 50 persen dengan penggunaan panggung daur ulang sampai adanya lantai kinetik yang jika diinjak penonton bisa menghasilkan energi yang akan disimpan untuk berjalannya konser.

Pintu Masuk ke GBK Berdasarkan Kategori Tiket Konser Coldplay "Music of The Spheres" Jakarta

Berdasarkan visual peta yang diunggah PK Entertainment selaku promotor, ada 11 kategori yang tersebar mengelilingi panggung utama tempat Chris Martin dkk. Melangsungkan konser. 

Untuk mengurai kepadatan penonton saat memasuki venue, pihak promotor membagi sebanyak 5 pintu masuk sebagai berikut.

1. Plaza Tenggara: Ultimate Experience, My Universe, Cat 1, Cat 2, Infinity Tiket

2. Plaza Barat: Cat 3

3. Pintu Kuning: Cat 4

4. Plaza Utara: Cat 5, Cat 6, Cat 7, Cat 8

5. Plaza Timur: Festival

TransJakarta Beroperasi hingga Pukul 01.00 WIB dan MRT pukul 01.30 WIB

Sebagai informasi tambahan, Kawula Muda, hari ini (15/11/2023) TransJakarta akan memperpanjang jadwal beroperasi hingga pukul 01.00 WIB. Hal ini disampaikan lewat akun resmi PT TransJakarta.

"Look at the stars, look how they shine for you. Pulang nonton konser, naek Transjakarta yuk! Kabar gembira buat kamu yang nonton konser pada Rabu, 15 November 2023, layanan koridor 1, 3F, 9C, 10H, dan koridor 13 diperpanjang jam operasionalnya hingga pukul 01.00 WIB," tulis TransJakarta lewat akun Instagramnya, @pt_transjakarta.

Sedangkan untuk MRT akan beroperasi hingga pukul 01.30 WIB demi menyukseskan gelaran konser Coldplay di Jakarta hingga selesai, Kawula Muda.

"#PastiBisa nonton konser Music of The Spheres World Tour dengan aman, nyaman, dan tertib naik MRT! Teman MRT, kabar gembira buat kamu para Coldheads yang akan nonton konser Coldplay di Stadion Utama GBK, karena MRT Jakarta akan beroperasi hingga pukul 01.30 WIB pada 15 November 2023 dan siap antar kamu dengan aman dan nyaman hingga acara selesai," tulis MRT lewat Instagram resminya, @mrtjakarta.

Bagi Kawula Muda calon penonton Coldplay, jangan lupa untuk siapkan aplikasi atau kartu elektronik dengan saldo yang cukup untuk naik transportasi publik ke venue konser Coldplay sampai pulang kembali ke rumah dengan selamat ya!

Berita Lainnya